View Single Post
Old 1st April 2015, 01:39 PM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Mendag Gobel Kagum dengan Peritel China & Jepang

Quote:
JAKARTA - Menteri Perdagangan Rachmat Gobel membuka Musyawarah nasional VI Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo). Dalam pidato pembukanya, Menteri Gobel menceritakan tentang perjalanannya ke Jepang dan China bersama Presiden Joko Widodo.
"Di Jepang dan China saya suka sekali datang ke toko-toko ritel khususnya produk makanan dan minuman, pakaian dan sebagainya," tutur Gobel di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu (1/4/2015).

Saat mengunjungi toko-toko di negara tersebut, dia pun terpukau dengan dominasi produk lokal yang dijual di toko ritel. Menurut dia, memang ada beberapa produk impor yang dijual, namun senya dalam tempat tersendiri.

"Saya perhatikan bagaimana kekuatan bangsa itu, mereka jaga pangsa pasarnya sehingga produk lokal bisa jadi tuan rumah, setiap ke negara-negara saya selalu lihat," katanya.

Menurutnya dengan perlakuan masyarakat dua negara tersebut kepada produk lokal, mencerminkan kebanggaan terhadap produk lokal. Lebih lanjut Menteri Gobel mengatakan, dengan adanya produk lokal ini, membuat nasionalisme dan idealisme kedua negara menjadi kuat.

Oleh karena itu, dia mengatakan jika industri dan ritel bisa saling berintegrasi, bukan tidak mungkin ritel Indonesia bisa berkembang seperti ritel di Jepang dan China.

"Industri punya kebutuhan ritel sebagai tempat memasarkan. Begitu juga retail punya ketergantungan ke produk dalam negeri, ini peran Aprindo mengetuk hati semua, bagaimana kita bisa menjadi seperti Jepang Dan China untuk beri dukungan antara retail dan industri," tukasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links