View Single Post
Old 1st April 2015, 09:38 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Pemkot Berencana Jadikan Museum Pasca Reklame Siola Dibongkar

Surabaya - Mimpi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini segera terwujud pascareklame di Siola Jalan Tunjungan dibongkar. Sebab rencananya, lokasi milik Pemkot Surabaya ini dijadikan museum.

Museum itu dijadikan tempat barang kuno peninggalan Belanda yang ada di kantor pemerintahan. Lokasi museum itu, kata Risma, berada di Gedung Siola, Jalan Tunjungan.

"Nantinya akan ada arsip berisi catatan akta kelahiran dan kematian jaman dulu, ada juga benda benda seperti lemari besi serta meja-kursi kuno peninggalan Belanda," kata Risma kepada wartawan saat menghadiri hari jadi media online di Jalan Ciliwung, Rabu (1/4/2015).

Wali kota yang diusung PDIP ini mengungkapkan konsep museum yang akan menceritakan perjalanan pemerintahan Surabaya mulai zaman penjajahan hingga saat ini.

"Sekarang saya terus kumpulkan barang-barang kuno itu di beberapa gedung pemerintahan termasuk kantor dinas-dinas," imbuhnya.

Ia juga berharap, arsip yang berisi akta kematian orang Belanda yang banyak dimakamkan di TPU Kembang Kuning dan makam kuno Peneleh bisa berguna.

Mantan Kepala Bappeko ini juga mengungkapkan rencana lain untuk Gedung Siola. "Selain untuk museum, juga akan digunakan untuk kantor pemerintahan. Bisa perizinan dan kantor lain," ungkap dia.

Gedung berlantai 8 dengan luas sekitar 4.000 meter persegi tersebut awalnya disewakan ke pihak swasta sejak puluhan tahun silam. Namun semasa kepemimpinan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, sewa gedung Tunjungan Center yang habis pada awal Tahun 2015. Siola dan Tanjung Anom berakhir pada Mei 2015, tidak disewakan lagi ke pihak swasta.


http://www.detiknews.com/read/2015/0...iola-dibongkar
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links