View Single Post
Old 2nd April 2015, 12:04 PM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Urus Hak Paten Cukup Satu Jam

Quote:
SUKOHARJO Peluncuran Program terkait Hak atas kekayaan intelektual (HAKI) atau hak paten dilakukan oleh Kementerian Koperasi dan UKM di Sukoharjo Jawa Tengah.
Hak paten perlu dilakukan sebagai bentuk perlindungan terhadap suatu karya, produk agar tidak di klaim oleh perorangan atau negara lain.

Deputi Pengembangan dan Restrukturisasi dan UKM, Braman Setyo mengungkapkan saat ini pemerintah berupaya untuk melindungi berbagai bentuk kekayaan Indonesia.

Menurut Braman Setyo, peluncuran program ini dilakukan karena banyaknya keluhan pelaku UKM saat melakukan pameran di luar negeri tiga bulan kemudian sudah dijiplak dan dipatenkan oleh negara lain. Hal tersebut dirasa sangat merugikan pelaku dunia usaha dalam negeri.

Jika sebelumnya proses mendapatkan HAKI memerlukan waktu sampai berbulan-bulan, namun dengan program yang saat ini diluncurkan jika persyaratannya lengkap dalam waktu satu jam langsung jadi dan tidak dikenakan biaya sama sekali.

"Diluncurkan pertama kali di Sukoharjo. Saat ini tidak perlu waktu lama untuk mendaftarkan hak paten bahkan tidak dipungut biaya alias gratis. Cukup satu jam saja," jelasnya di Sukoharjo Jawa Tengah.

Program ini, kerja sama antara Kementerian Koperasi dan UKM berkejasama dengan Kemnterian Hukum dan HAM, sehingga mendapat akses langsung secara online ke Kementerian Hukum dan HAM.

Prosedurnya, jelas dia, UMKM yang akan mengajukan hak paten (HAKI) harus melampirkan KTP, NPWP dan rincian produk yang dimilikinya secara lengkap. Kemudian melapor ke pemerintah kabupaten, dan akan diberikan surat pengantar ke Kementrian Koperasi dan UKM.

"Syarat lainnya adalah barang yang akan dipatenkan adalah produksi sendiri dan belum pernah ada," pungkasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links