View Single Post
Old 2nd April 2015, 10:27 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default LRT Jakarta Selesai Lima Tahun, Ahok: Macet, Pakai Bus Saja

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjamin bahwa pembangunan Light Rail Transit (LRT) dan Mass Rapid Transport (MRT) tidak mungkin molor waktu penyelesaiannya. Alasannya, karena pemerintah yang membangun infrastrukturnya.

"Beda dengan monorail yang duitnya tidak jelas, hitungan penumpang dan tiketnya pun tidak jelas," ujar Ahok, mengutip dari laman setkab.go.id, Kamis 2 April 2015.

Menurut dia, pembangunan LRT dan MRT akan membentang dari Cikarang (Bekasi, Jawa Barat) sampai ke Balaraja (Tangerang, Banten). Dengan demikian, transportasi massal itu akan melewati Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten.

Mengenai masalah lahan, Ahok menyebut itu soal gampang, karena pembangunan LRT dan MRT akan melewati jalur hijau, ke median jalan, sungai-sungai, median, maupun tol.

Untuk anggaran yang dibutuhkan, dia mengungkapkan bahwa untuk membangun LRT kira-kira sekitar Rp45 triliun. Jumlah ini diakui belum dianggarkan, namun Pemprov DKI Jakarta diyakini mampu membangun LRT tersebut.

Ahok menargetkan, pembangunan LRT di Jakarta bisa selesai dalam lima tahun mendatang. Soal kemungkinan macet akibat pembangunan LRT, ia menyarankan warga untuk menggunakan kendaraan umum jenis bus.

"Yang penting, bus rapid transit kami siap. Nanti, mungkin jalur busway akan ketat dan jumlah busnya setiap 10 menit harus ada. Jadi, presiden yakin, orang akan pindah naik bus juga. Kalau macet, orang juga nggak akan keluar kan. Intinya, kami dari dulu sudah ikhlas kalau memang macet harus dimaki-maki orang. Yang penting lima tahun ini kita harus habis-habisan, semua moda transportasi kita mau bangun," tambahnya.


http://metro.news.viva.co.id/news/re...pakai-bus-saja
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links