View Single Post
Old 3rd April 2015, 10:07 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Terlilit Utang? Gali Lobang Tutup Lobang Bukan Solusinya

Quote:
SAYA seorang ibu rumah tangga, dan saya mempunyai utang Rp20 juta. Setiap bulannya saya harus mencicil sebesar Rp1, 5 juta. Sampai saat ini saya bingung sekali untuk mencicilnya. Walaupun tidak pernah menunggak, tetap saja saya cari pinjaman ke mana-mana (gali lobang tutup lobang) untuk mencicil banknya.

Mohon solusinya. Saya bingung sekali, soalnya bisnis saya (kreditan tapi ambil dari sales) akhir-akhir ini orang-orang pada menunggak. Mohon solusinya.

Terima kasih

Nana- Pontianak



Jawab:

Salam, bu Nana

Menjadi mimpi buruk bagi semua orang jika memiliki utang yang sulit untuk dilunasi. Memang memiliki utang tidak selamanya jelek, terutama jika digunakan untuk menjalankan bisnis. Memprioritaskan pembayaran utang dapat membantu Anda untuk mencegah kesulitan dikemudian hari.

Berikut langkah- langkah yang bisa Anda lakukan :

a. Hitung kembali seluruh utang Anda, berapa sisa utang yang dimiliki dan berapa lama lagi cicilannya. Coba negosiasikan dengan bank untuk meringankan cicilan atau bunganya. Konsekuensinya jangka waktu cicilan akan lebih lama. Jika Anda adalah debitur yang baik yang selalu membayar cicilan tepat waktu, biasanya bank akan mempertimbangkan hal ini.

b. Prioritaskan pembayaran utang. Apapun kondisi keuangan, prioritaskan untuk membayar utang sebelum Anda kehilangan aset berharga dan masuk ke dalam kondisi yang lebih kritis. Berhematlah, pangkas semua pengeluaran yang tidak perlu. Jika Anda punya aset yang bisa dijual (perhiasan, kendaraan kedua, dsb) sebaiknya dijual untuk melunasi utang. Ingat, makin lama kita berutang, makin tinggi bunga yang harus kita bayar.

c. Jangan menambah utang baru. Cara Anda membayar pinjaman bank dengan pinjaman lain hanya akan membuat Anda terperosok ke lubang yang lebih dalam. Jika bisnis Anda tidak berjalan baik karena pembayaran macet, segera cari alternatif lain karena keuntungan yang diperoleh tidak sebanding dengan risiko yang harus dihadapi. Anda harus mencari alternatif bisnis lain yang memberikan penghasilan yang rutin setiap bulannya.

Semoga bermanfaat.

Sari Insaniwati, CFP

PT. Mitra Rencana Edukasi - Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www.kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusinessAdvisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi MRE Indonesia

Anda memiliki pertanyaan seputar masalah keuangan, kami siap beri solusinya. Kirimkan pertanyaan Anda ke economy@okezone.com, dan redaksi@okezone.com dengan subyek "Konsultasi Ekonomi".
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links