View Single Post
Old 4th April 2015, 09:12 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Realitas & Data BPS Alami Perbedaan

Quote:
JAKARTA - Pemerintah diimbau jangan sampai salah dalam mengambil kebijakan guna menekan laju inflasi. Pasalnya, ada kerancuan antara realita dan data yang dipaparkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).
"Realitas dan data-data yang disajikan BPS ini kan ada sedikit perbedaan," ujar Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Enny Sri Hartati kepada Okezone, Sabtu (4/4/2015).

Enny mencontohkan, data yang berbeda dengan kenyataan yang terjadi adalah pada inflasi sektor bahan makanan. Pada kenyataannya, sektor kebutuhan pokok tersebut mengalami kenaikan harga, khususnya beras.

Namun, data BPS mencatat terjadi deflasi pada kelompok bahan makanan sebesar 0.73 persen. Meski demikian, beras masih menyumbang inflasi 0,09 persen.

"Itu beras kan andil inflasinya kecil, padahal kenyataannya harganya cukup tinggi," jelas dia.

Untuk itu, Enny mengingatkan pemerintah jangan sampai salah mengambil kebijakan yang didasarkan pada data tersebut. Pemerintah perlu melakukan pemantauan secara menyeluruh, khususnya terkait harga-harga kebutuhan pokok.

"Kebijakan yang diambil pemerintah ini jangan sampai salah karena data-data tersebut. Seperti kita lihat dulu itu katanya inflasi beras hanya terjadi di Jakarta, tapi kan beberapa kota lain juga banyak yang merasakan," tandas dia.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links