View Single Post
Old 5th April 2015, 10:47 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Apakah Investasi Unit Link menguntungkan?

Quote:
HALO Ibu Sari

Mohon izin untuk konsultasi. Ibu Sari yth, Saya saat ini masih menjadi nasabah AXA unit link dengan tenor 20 tahun, saya ingin menanyakan apakah investasi di unit link menguntungkan tentunya untuk jangka panjang.

Kemudian saya ingin mengawali berinvestasi dengan tujuan untuk mendapatka return yang bisa saya gunakan untuk profit taking, kiranya ibu dapat membantu saya langkah dan kemana saya harus memulai, tapi dengan penghasilan yang tidak terlalu besar saya mencari investasi yang retail.

Atas bantuan dan saranya saya mengucapkan banyak terima kasih.

Engga Herlambang



Jawab :

Hai Engga,

Mohon maaf sebelumnya karena yang menjawab pertanyaan anda bukanlah bu Sari he he he.

Produk unit link menurut saya merupakan sebuah produk yang unik dan menarik. Kenapa seperti itu? Karena produk tersebut menggabungkan antara proteksi asuransi dengan investasi. Jadi ibaratnya adalah sekali kayuh dua pulau terlampaui.

Nasabah bisa mendapatkan proteksi atas jiwanya, sementara itu dana yang diinvestasikannya bisa berkembang. Namun demikian anda harus ingat bahwa produk ini basisnya adalah proteksi asuransi, jadi yang kita utamakan adalah lebih pada proteksinya, bukan di sisi investasinya.

Bila ditanyakan apakah bila kita berinvestasi di produk ini selama 20 tahun akan memberikan keuntungan finansial bagi nasabahnya? Justru produk ini akan memberikan hasil investasi yang maksimal pada jangka panjang alias di atas lima tahun, bukannya jangka pendek yang hanya dibawah tiga tahun.

Jadi apabila saat ini seandainya produk unitlink anda hasil pengembangan investasinya kurang memuaskan ataupun kurang sesuai seperti ilustrasi di polis janganlah terlalu galau, karena toh yang namanya investasi memang memerlukan waktu untuk berkembang. Apalagi produk ini basisnya adalah produk asuransi, jadi walaupun mungkin perkembangan investasinya kurang memuaskan, namun proteksi atas jiwa anda tetap berjalan.

Bila kemudian anda mencari produk investasi ritel di mana anda bisa melakukan profit taking, anda bisa memilih masuk ke instrumen reksa dana. Reksa dana ini sendiri konsep kerjanya mirip sekali dengan unit link, namun bedanya hanyalah di produk ini tidak ada cover asuransinya.

Dana yang dikucurkan oleh nasabah ke produk ini akan dikelola di pasar modal, sehingga potensi pertumbuhan investasinya bisa lebih signifikan dibandingkan dengan produk perbankan.

Selain itu nasabah juga bisa melakukan profit taking ketika dana yang diinvestasikannya sudah bertumbuh seperti yang diharapkan. Produk ini bisa dikategorikan ritel karena saat ini calon nasabah bisa membeli reksa dana cukup dengan dana awal minimal seratus ribu rupiah, dan besaran yang sama pula ketika penyetoran berikutnya.

Dan sama seperti unit link juga, di reksa dana terdapat beberapa pilihan alokasi dana nasabah. Untuk yang lebih menyukai stabilitas pertumbuhan investasinya dibandingkan imbal hasil yang fantastis bisa memilih reksa dana yang berbasis pasar uang ataupun pendapatan tetap.

Namun bagi yang bertipikal agresif dan siap menerima risiko, silakan untuk masuk ke reksa dana yang berbasis campuran atau pasar saham. Jadi cari tahu dulu mana yang paling cocok dengan tipikal kepribadian diri kita.

Untuk mulai berinvestasi di reksa dana yang perlu dipersiapkan pada awalnya adalah KTP serta nomer NPWP pribadi. Adapun dana yang perlu dipersiapkan adalah minimal sebesar Rp100,000 tiap kali penyetoran dana. Setelah itu silakan isi form penyertaan dana yang disyaratkan. Form ini bisa anda dapatkan dengan mendatangi langsung kantor perusahaan asset management yang mengeluarkan produk tersebut, datang ke bank-bank umum yang menjadi agen penjualnya, atau bisa juga di download dari website perusahaan asset management yang bersangkutan.

Selamat berinvestasi !

Salam,

Andy Nugroho, CFP (twitter @AndyTrinugroho)
PT. Mitra Rencana Edukasi - Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www.kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusinessAdvisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi MRE Indonesia

Anda memiliki pertanyaan seputar masalah keuangan, kami siap beri solusinya. Kirimkan pertanyaan Anda ke economy@okezone.com, dan redaksi@okezone.com dengan subyek "Konsultasi Ekonomi".
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links