View Single Post
Old 6th April 2015, 09:33 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Kejanggalan dalam Money Game MMM Ciptaan Mavrodi

Quote:
JAKARTA - Arisan Mavrodi Mondial Moneybox (MMM) dari Rusia tidak dinilai tidak mempunyai kejelasan. Independent Financial Planner Freddy Pielor menyarankan agar tidak mengikuti apa lagi menganggap bahwa arisan yang diadopsi menjadi Manusia Membantu Manusia sebagai investasi.

Menurut Freddy, ada tiga keanehan dalam kegiatan arisan MMM tersebut, yakni ketidakjelasan alokasi penyimpanan dana, tidak adanya izin dari lembaga khusus keuangan yang sah dan tidak adanya jaminan yang jelas tentang pengembalian dana.

"Sebetulnya itu bukan investasi, karena dia punya dana dikumpulkan di mana gak jelas. Kedua dia tidak punya ijin dari sebuah lembaga yang khusus investasi seperti OJK (Otoritas Jasa Keuangan), kalau bentuknya koperasi dari Kementerian Koperasi dan UKM. Ini ga jelas. Ketiga dia gak punya jaminan untuk mengembalikan. Jadi tinggal tergantung ketersediaan downline untuk bayar keatasnya. Ini semacam arisan tidak pasti," tuturnya saat dihubungi Okezone di Jakarta.

Freddy memandang, seharusnya OJK sebagai lembaga yang menaungi perusahaan jasa keuangan, dapat memberikan ketegasan agar perusahaan serupa tidak bisa berkembang di Indonesia. Pasalnya arisan MMM sudah terbukti gagal dibeberapa negara lainnya.

"Memang (OJK) mungkin tidak bisa melarang, tapi harus ada statement yang tegas bahwa ini bukanlah arisan. Ini bukan membantu orang miskin, tapi ini membantu orang yang mencari untung, ini spekulatif. Kalau bantu sosial ya sudah bantu saja tanpa berharap kembali," imbuhnya.

Dirinya pun heran, mengapa arisan MMM bisa berdiri bahkan berkembang secara masif di Indonesia. Sudah semestinya sebuah badan usaha sekalipun jasa keuangan mempunyai izin yang legal yang ingin beroperasi di Indonesia.
"Ini enggak jelas, di mana kantornya? Siapa penanggung jawabnya? Kita juga gak ketemu sama up linenya. Ketemu siapa-siapa ini gambling. Ini judi banget, jadi ini haram. Karena gak ada konsepnya dan ini gelap sekali," pungkasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links