View Single Post
Old 6th April 2015, 09:36 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Mau Beli Motor dan Rumah, Investasi Apa yang Cocok?

Quote:
NAMA saya Ziva,saya seorang mahasiswa dan seorang karyawan dengan gaji pokok Rp600 ribu per bulan. Saya harus menyisihkan uang saya tiap bulan untuk saya tabung sebesar Rp300 ribu. Dan sisanya saya gunakan untuk keperluan selama satu bulan . Dan saya mulai berpikir untuk masa depan, bisa beli motor sendiri, beli rumah sendiri, dan saya ingin berinvestasi. Kira-kira investasi apa yang cocok untuk saya?

Terima kasih



Jawab :

Dear Ziva,

Untuk bisa mencapai tujuan finansial jangka panjang kita, kita memang harus bersedia menyisihkan penghasilan yang kita dapatkan sekecil apapun itu. Dan apa yang anda lakukan sudah tepat, tinggal bagaimana kita mengatur agar penghasilan yang anda sisihkan tersebut dapat berkembang secara maksimal dalam jangka panjang.

Yang dimaksud dengan uang yang kita tabung tersebut dapat berkembang secara maksimal adalah uangnya tidak hanya bertambah, namun pertambahannya juga dapat lebih besar daripada inflasi. Untuk itu saya tidak menyarankan untuk menabung di tabungan ataupun rekening bank bila tujuannya adalah sebagai investasi.

Alasannya adalah dengan suku bunga sekitar 2-3 persen per tahunnya, di mana angka inflasi di Indonesia rata-rata adalah 7 persen, maka meskipun uang anda bisa bertambah di akhir tahun, namun daya belinya justru berkurang karena kenaikan harga barangnya mencapai 7 persen. Agar uang anda bisa berkembang secara lebih maksimal, maka kita perlu menginvestasikan uang kita.

Dengan dana yang terbatas, pilihan pertama yang bisa kita ambil adalah dengan masuk ke pasar modal lewat produk reksa dana. Saat ini ada banyak produk reksa dana yang bersifat ritel dan dijual lewat perantaraan bank bank. Dengan harga cukup murah yaitu mulai Rp100 ribu tiap kali penyetoran dana, kita sudah bisa berinvestasi di pasar modal.

Rata-rata imbal hasil reksa dana bila ditandingkan dengan angka inflasi juga lebih tinggi, sehingga menjadi pilihan yang menarik untuk berinvestasi. Bila tujuan financial kita jangka pendek atau menengah yaitu di bawah tiga tahun, saya sarankan anda memilih untuk masuk di reksa dana yang berbasis pasar uang ataupun pendapatan tetap.

Namun, bila anda memiliki waktu lebih panjang yaitu di atas tiga tahun, silakan memilih untuk masuk ke reksadana yang berbasis campuran ataupun saham. Alternatif berikutnya untuk berinvestasi dengan dana terbatas adalah dengan membeli logam mulia yang berbentuk emas batangan. Kenaikan harga logam mulia dianggap masih sanggup bersaing dengan kenaikan angka inflasi. Dengan harga per gramnya saat ini sekitar Rp540 ribu per gramnya bisa anda siasati dengan menabung dahulu sebelum kemudian dibelikan logam mulia.

Semoga bermanfaat.

Andy Nugroho, CFP (twitter @AndyTrinugroho)
PT. Mitra Rencana Edukasi - Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www.kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusinessAdvisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi MRE Indonesia

Anda memiliki pertanyaan seputar masalah keuangan, kami siap beri solusinya. Kirimkan pertanyaan Anda ke economy@okezone.com, dan redaksi@okezone.com dengan subyek "Konsultasi Ekonomi".
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links