View Single Post
Old 6th April 2015, 09:40 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default 10 Cara Memangkas Biaya dalam Bisnis Kecil Anda

Quote:
JAKARTA - Memulai bisnis adalah impian setiap orang di samping mengandalkan gaji agar dapat meraih kemapanan secara finansial. Namun, seringkali terjadi beberapa kendala, misalnya saja dalam sebuah bisnis kecil, akan terkendala besarnya beban operasional.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengurangi beban-beban biaya yang dihadapi. Dalam banyak kasus, ada beberapa pilihan cerdas saat memutuskan di mana akan menaruh dana pada bisnis Anda.

Berikut cara-cara mengurangi beban biaya bisnis kecil Anda, seperti dilansir dari laman About.com, Senin (5/4/2015):

1. Gunakan Teknologi

Teknologi bisa menjadi cara menghemat uang dan memajukan bisnis kita. Di zaman yang sudah serba canggih ini, teknologi mempunyai variasi jasa mulai dari jasa teleconference dan jasa pembayaran online. Banyak cara mengurangi biaya bisnis dengan teknologi.

2. Hilangkan penggunaan telepon rumah

Telepon secara tradisional bisa memakan biaya yang mahal dan terkadang tidak diperlukan. Pemilik usaha kecil harusnya lebih memilih menggunakan telepon genggam dan layanan telepon virtual, yang terbukti dapat mengurangi biaya bisnis mereka.

3. Kurangi pemakaian kertas

Biaya kertas, tinta, permintaan surat-menyurat dan ongkos kirim mungkin tampak tidak memakan banyak biaya jika dilakukan beberapa kali, tapi hal tersebut apabila dilakukan secara terus menerus dapat meningkatkan beban usaha menjadi besar.

Mengurangi pemakaian kertas dengan tidak menge-print kecuali benar-benar diperlukan, beralih ke faktur digital dan sistem tagihan pembayaran digital, dan menaruh semua dokumen penting pada komputer Anda, bukan dengan cara menyimpan dokumen di lemari arsip. Hal ini dapat membantu Anda mengurangi beberapa biaya bisnis yang paling umum secara berulang.

4. Pasarkan produk Anda secara online

Jika Anda belum menjajaki pemasaran bisnis melalui internet, Anda akan kehilangan sebuah potensi yang cepat, berorientasi pada hasil yang tinggi, dan bahkan kehilangan pemasaran yang memakan biaya minim. Anda dapat memulai dengan mendirikan sebuah blog untuk bisnis, pemasaran melalui sosial media, atau bahkan melalui iklan online lainnya yang memiliki potensi biaya bisnis yang sangat minim.
5. Kurangi utang kartu kredit

Anda mungkin bisa mengurangi secara cepat biaya usaha dengan membebankan biaya bisnis ke kartu kredit Anda, tapi dengan tingkat suku bunga dan biaya-biaya lain yang memungkinkan, cara ini tidak efektif untuk mengurangi biaya bisnis Anda untuk jangka panjang. Mengurangi tagihan kartu kredit Anda bukan cara cepat dan mudah untuk mengurangi biaya bisnis Anda, tapi ini cara pintar untuk membuat bisnis Anda lebih sehat secara finansial jangka panjang.

6. Membuat dan menyiapkan anggaran bisnis

Penganggaran yang dilakuakan bersamaan dengan mengurangi biaya bisnis karena ini tidak mungkin untuk membuat keputusan keuangan yang cerdas tanpa ide yang jelas tentang uang Anda yang masuk dan keluar dari bisnis Anda setiap bulan. Anggaran bisnis yang Anda gunakan sehari-hari dapat menjadi alat yang ampuh untuk mengurangi biaya bisnis secara efektif.

7. Cari tempat alternatif untuk berbisnis

Beban untuk mencari tempat usaha terkadang sangat memberatkan. Jika usaha Anda semakin besar, kebutuhan akan ruang yang lebih luas mendesak. Anda mungkin bisa mengurangi biaya bisnis Anda dengan mencari tempat altenatif untuk mengembangkan usaha Anda.

8. Pangkas software

Berapa banyak aplikasi yang Anda gunakan setiap hari? Mungkin ada beberapa aplikasi yang Anda miliki di komputer Anda saat ini yang Anda tidak pernah gunakan atau jarang sekali digunakan. Anda dapat mengurangi biaya bisnis dengan hanya membeli software yang Anda benar-benar butuhkan dan menghindari biaya pembelian aplikasi lainnya, ditambah biaya upgrade yang biasa diperlukan untuk menjaga software terbaru.

9. Beli peralatan bekas

Membeli barang baru dan peralatan seharga ritel merupakan biaya bisnis yang besar. Anda dapat mengurangi beban dengan membeli perabotan bekas dan peralatan yang sebagus barang baru tapi ditawarkan oleh produsen dengan harga diskon.

10. Melakukan barter

Barter adalah pertukaran antara barang dan jasa yang Anda butuhkan tanpa harus menggunakan uang tunai. Ketika proses barter sukses tercapai, Anda dapat mengurangi biaya bisnis Anda dengan menghindari dana pengeluaran awal untuk mengisi kebutuhan yang mendesak.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links