View Single Post
Old 6th April 2015, 06:36 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Paku Buwono XIII akhirnya pinjamkan lahan buat pasar darurat Klewer

Merdeka.com - Pembangunan pasar darurat Klewer sampai saat ini masih mengalami hambatan. Setelah perdebatan dengan para pedagang soal lokasi, konflik perebutan kekuasaan di Keraton Surakarta juga memperkeruh situasi.

Konflik kepentingan antarkeluarga keraton membuat rencana proyek itu terancam mangkrak. Bahkan belum lama ini, lembaga hukum keraton menolak adanya perjanjian sewa menyewa Alun-alun Utara oleh Pemerintah Kota Solo dan raja sebagai lokasi pembangunan pasar darurat.

Namun, guna memperlancar pembangunan pasar darurat Klewer, Raja Paku Buwono (PB) XIII akhirnya mengeluarkan maklumat. Maklumat itu berisi enam pokok pikiran. Hal itu dibacakan kuasa hukum Raja Surakarta, Ferry Firman Nurwahyu, saat apel bersama Pemkot Solo di Alun-alun Utara, Senin (6/4).

Dalam maklumatnya, Raja Paku Buwono mengimbau dan mengajak masyarakat di Solo, Jawa dan Indonesia ikut prihatin atas tragedi kebakaran Pasar Klewer. Dia menyatakan mendukung apapun upaya Wali Kota Solo dalam menjaga stabilitas ekonomi.

"Kami memberikan izin pemanfaatan Alun-alun Utara kepada Pemkot Solo selama 2 tahun mendatang, sejak 6 April 2015 sampai 6 April 2017, agar digunakan untuk pasar sementara," kata Ferry saat membacakan maklumat.

Raja Paku Buwono juga meminta masyarakat dan pedagang ikut menjaga kebersihan, keindahan, ketertiban, dan keamanan terhadap Alun-alun utara dari tindakan anarkis dari beberapa kelompok. Dia meminta Wali Kota atau Pemkot Solo harus mengambil tindakan tegas jika terjadi pelanggaran hukum.

"Kami perintahkan kepada para abdi dalem, sentono, kawula dalem dan para kerabat keraton agar melaksanakan dan mematuhi maklumat ini," tutup Ferry.


http://www.merdeka.com/peristiwa/pak...at-klewer.html
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links