View Single Post
Old 6th April 2015, 07:24 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 20 Nov 2014
Userid: 2900
Posts: 1,236
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Laporan Pertandingan: PSM Makassar 4-0 Persiba Balikpapan


PSM Makassar mencicipi hasil manis di laga perdana mereka pada Indonesia Super League 2015. Menjamu Persiba Balikpapan di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Senin (6/4) sore, Syamsul Chaeruddin dan kolega tampil perkasa.

Empat gol mampu diciptakan oleh tim racikan Hans Peter Schaller, yang masing-masing dilesakkan oleh Ponaryo Astaman, Syamsul, Johan Yoga dan debutan Muchlis Hadi. Hasil ini pun membawa Juku Eja menjadi pemuncak klasemen ISL 2015.

Babak Pertama

Laga baru akan memasuki menit keenam, namun PSM Makassar selaku tuan rumah langsung bisa unggul cepat lewat sepakan terukur dari Ponaryo Astaman. Pemain veteran itu memanfaatkan kesalahan pemain belakang dari Persiba Balikpapan dan tanpa ragu melepaskan tembakkan jarak jauh untuk menaklukkan kiper lawan, Komang Arya.

Tertinggal, membuat Persiba racikan Eddy Simon coba mengejar, namun permainan dari tim berjuluk Beruang Madu masih mudah dibaca pertahanan dari PSM. Belum lagi Syamsul Chaeruddin dan Ponaryo mampu jadi peredam serangan yang baik di lini tengah dari Juku Eja .

PSM pun giat menebar ancaman demi memperlebar jarak. Aditya Dewa kerap jadi kreator serangan dari PSM, sedangkan Syamsul dan Muhammad Rahmat sempat menyibukkan Komang Arya dengan sepakkan jarak jauh. Laga berjalan cukup cepat.

Menit ke-24, Roman Golian mendapat peluang emas ketika menyambut umpan tendangan bebas dari Antonio Teles. Sayangnya sundulan dari eks Persela Lamongan itu tipis melenceng dari gawang PSM kawalan Markus Haris. Tim tamu dalam laga ini beberapa kali mendapat kesempatan lewat bola mati, namun gagal dimaksimalkan.

Setengah jam laga berjalan, PSM nampak mengandalkan serangan balik memanfaatkan agresivitas lawan dalam menekan namun serangannya mudah dipatahkan. Menit ke-40, menerima umpan silang dari sisi kiri, Syamsul yang berdiri di tiang jauh menyambutnya dengan tembakkan, namun sayang masih gagal menemui sasaran.

Permainan tak berkembang, Eddy Simon pun melakukan pergantian prematur. Jeky Pasarela yang jarang menyentuh bola digantikan oleh Hendri Satriadi tiga menit sebelum turun minum, namun hingga 45 menit pertama berakhir, skor 1-0 bertahan.

Babak Kedua

Belum sampai dua menit babak kedua berjalan, tim tamu kembali kecolongan. Kali ini lewat situasi bola mati, kejelian Syamsul meluncurkan tendangan bebas dari sisi kiri hanya membuat Komang Arya bergeming. Sepakan Syamsul meluncur mulus ke tiang jauh setelah sempat memantul terlebih dahulu. 2-0 PSM ungguli Persiba.

Unggul dua gol, permainan PSM makin menggila. Persiba tak mendapat kesempatan untuk berkembang, dalam rentan waktu satu menit (49'-50'), dua tembakkan mampu dilepaskan masing-masing oleh Rahmat dan Aditya - meski keduanya gagal menaklukkan Komang untuk kali ketiga.

Buntu, satu kata yang menggambarkan Persiba, sedangkan PSM begitu taktis dengan serangan balik mereka. Gol pun kembali tercipta dengan skema tersebut, kali ini Johan Yoga yang mampu menyambar dengan apik umpan silang Kurniawan Karman dari sisi kanan, antisipasi dari Komang Arya kembali mendapat sorotan dan PSM pun menjauh 3-0 dari Persiba di menit ke-61'.

Penampilan Komang rupanya membuat Eddy Simon geram, ia pun menarik keluar kiper 29 tahun itu untuk digantikan Dwi Yuda di menit 66'. Sedangkan dari kubu PSM, Johan yang mencetak gol ketiga seketika langsung digantikan oleh Muchlis Hadi.

Pesta gol PSM di Mattoangin berlanjut, menit 74', Muchlis yang masuk sebagai pemain pengganti mampu membukukan namanya. Eks tim nasional Indonesia U-19 itu dengan cermat mencari celah kosong di kotak penalti untuk menerima umpan Aditya dan menceploskannya ke gawang kawalan Dwi Putra dengan tenang.

Hingga laga usai, skor 4-0 untuk tuan rumah tak berubah. Malah jelang bubaran, Valentino Telaubun harus menerima kartu merah usai tekel keras kepada Syamsul. Dengan hasil ini, PSM sementara bercokol di puncak klasemen ISL 2015.

Susunan Pemain

PSM : Markus Haris; Hendra Wijaya, Ahmad Maulana, Rasul Zainuddin, Boman Aime; Ponaryo Astaman, Aditya Dewa, Syamsul Chaeruddin, Kurniawan Karman (Maldini Pali 88'); Johan Yoga (Muchlis Hadi 62'), Muhammad Rahmat.

Persiba : Komang Arya (Dwi Yuda 66'); Ledi Utomo, Roman Golian, Rizal Lestaluhu (Mochammad Solechudin 58'), Bayu Pradana; Valentino Telaubun, Arifki Eka, Antonio Teles, Ansu Toure; Jeky Pasarela (Hendri Satriadi 42'), Made Wirahadi.
sumber http://www.goal.com/id-ID/match/psm-...2016888/report
agung209 is offline   Reply With Quote
Sponsored Links