View Single Post
Old 6th April 2015, 07:29 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 20 Nov 2014
Userid: 2900
Posts: 1,236
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Sean Gelael Bakal Fokus di Formula Renault 3.5

Quote:

Sean Gelael dan Tim Jagonya Ayam with Carlin: Sean Gelael (ketiga dari kiri) bersama Media Partner dan Sponsor utama (dari kiri ke kanan) Ricardo Gelael, Boy Noya (Metro TV), Buyung Wijaya Kusuma (Kompas TV), Marcella Dewi, GM Marketing PT Fast Food Indonesia, dan Ian Satriadhi.
JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun ini pebalap Indonesia Sean Gelael akan bertarung di kejuaraan Formula Renault 3.5, kejuaraan setingkat di bawah Formula 1. Sean direncanakan mengikuti seluruh seri yang dipertandingkan dengan seri perdana di Sirkuit Aragon Motorland, Spanyol, 25-26 April mendatang.

Tak hanya itu. Tahun ini Sean juga akan mengikuti satu seri Formula 3 Eropa, Macau Grand Prix, dan juga mencicipi persaingan di dua seri GP2.

Setelah menyelesaikan serangkaian tes pra musim tahun ini, Sean bersama tim Jagonya Ayam with Carlin memang memutuskan untuk lebih fokus pada Kejuaraan Formula Renault 3.5.

"Setelah menjalani dua kali official testing dan melalui berbagai pertimbangan matang, tahun ini saya bersama dengan tim akan lebih fokus mengikuti kejuaraan Formula Renault 3.5. Saya akan ditemani oleh Tom Dillmann yang sudah cukup berpengalaman di kejuaraan kursi tunggal ," kata Sean usai jumpa pers, Kamis (2/4/2015) di KFC Gunawarman, Jakarta Selatan.

"Kami akan mengikuti seluruh seri yang dipertandingkan. Sebagai pendatang baru di kejuaraan ini, saya tetap berharap dan akan berjuang maksimal untuk memperoleh hasil terbaik," tambahnya.

Pada 5-6 Maret lalu, Sean telah mengikuti latihan resmi pertama Formula Renault 3.5. Dari empat sesi, ia berhasil mencatatkan diri sebagai pebalap tercepat ketiga di sesi terakhir yang dijalaninya.

Sementara itu, pada tes yang dilakukan tanggal 30 Maret lalu, walaupun harus puas di posisi ke-15, Sean sempat mencatatkan diri di posisi kedua tercepat saat melakukan sesi kedua testing. Posisi tersebut sempat bertahan cukup lama, sebelum para pesaingnya mencatat waktu lebih cepat. Karena kendala teknis, Sean terpaksa tak dapat melaju lebih cepat.

Menggunakan kendaraan berkekuatan 530bhp, dengan chasis Dallara dan menggunakan mesin Renault, Sean merasa hasil yang diperolehnya selama latihan merupakan dorongan baginya untuk mendapatkan hasil positif saat bertanding nanti.

"Sepertinya, saya harus lebih banyak berada di dalam mobil untuk bisa lebih mendapatkan feel-nya dan juga mendapatkan tambahan pengalaman. Masih ada waktu sekitar satu bulan sebelum pertarungan dimulai. Untuk itu saya akan fokus mempersiapkan diri semaksimal mungkin," tambah Sean.

Sebelumnya, Sean bersama Tim Jagonya Ayam sempat berencana mengikuti empat seri kejuaraan Formula 3 Eropa tahun ini. Tetapi, saat menjalani tes Formula 3 pada 17-18 Maret di Valencia, Spanyol, ternyata Sean merasakan banyak perbedaan antara mengemudikan mobil Formula Renault 3.5 dan Formula 3.

"Perbedaan terbesar terletak pada sistem pengereman, terutama sangat memasuki tikungan. Sulit sekali bagi saya menikung dengan cepat, padahal hal ini sangat penting dalam suatu balapan." kata Sean.

Sean mengakui, setelah mulai terbiasa menggunakan mobil Formula Renault 3.5, tidak mudah untuk segera beradaptasi kembali dengan mobil Formula 3. Oleh karena itu, pada akhirnya keputusan yang diambil adalah mengurangi jumlah keikutsertaan Sean di Kejuaraan Formula 3 Eropa. Walaupun demikian, ia tetap akan mendukung Antonio Giovinazzi, pebalap Tim Jagonya Ayam with Carlin, yang tahun ini menjadi salah satu unggulan di Kejuaraan Formula 3 Eropa.

Adapun kejuaraan lain yang rencananya diikuti oleh Sean tahun ini adalah GP2. Sean hanya akan ikut dalam dua seri, yaitu di Spa Belgia pada 22-23 Agustus dan Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, pada 28-29 November. Terakhir, ia berharap juga bisa kembali berlaga di Macau Grand Prix yang pernah diikutinya pada 2013 dan 2014 lalu.

"Walaupun jadwal balap saya ke depan padat, tetapi dengan fokus ke Formula Renault 3.5, saya sangat berharap dapat mencapai prestasi membanggakan. Ini adalah salah satu perjuangan berat harus bisa saya taklukkan untuk bisa menjadi salah satu pebalap Formula 1 dari Indonesia," kata Sean Gelael yang tahun ini kiprahnya di dunia balap internasional juga didukung oleh Federal Mobil, Bank Mandiri, Pepsi, Ichi Ocha dan sponsor utama KFC Indonesia.

Berikut jadwal jejuaraan yang akan diikuti Sean tahun ini:

Kejuaraan World Series by Renault 3.5:

25 – 26 April: Motorland Aragan, Spanyol:
24 Mei: Monaco:
30 – 31 Mei: Circuit de Spa-Francorchamps, Belgia
13 – 14 Juni: Hungaroring, Hungaria
11 – 12 Juli: Red Bull Ring, Austria
5 – 6: September Silverstone, Inggris
12 – 13 September Nόrburgring, Jerman
26 – 27 September Bugatti Circuit Le Mans, Perancis
17 – 18 Oktober Circuito de Jerez, Spanyol

Kejuaraan Formula 3 Eropa
1 – 2 Agustus: Spielberg Red Bull Ring, Austria

Kejuaraan GP2
22 – 23 Agustus: Spa Francorchamps, Belgia
28 – 29 November: Yas Marina Circuit, UAE

Macau Grand Prix
12 – 15 November: Guia Circuit, Macau

Untuk informasi lebih lanjut mengenai sepak terjang Sean Gelael di ajang World Series by Renault 3.5 dan Formula 3 serta informasi terbaru lainnya, Anda bisa mem-follow akun Twitter resmi Sean di @IDSeanGP dan fan page Facebook resminya di https://www.facebook.com/IDSeanGP, serta www.sean-gelael.com.
sumber http://olahraga.kompas.com/read/2015...la.Renault.3.5
agung209 is offline   Reply With Quote
Sponsored Links