View Single Post
Old 7th April 2015, 09:57 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Kenaikan BBM Cs Picu Kekacauan Ekonomi

Quote:
JAKARTA Pemerintah secara serentak menaikkan harga gas Elpiji 12 kilogram, Tarif Dasar Listrik (TDL), dan tiket Kereta Api per April 2015. Pemerintah juga sebelumnya menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) pada 28 Maret 2015.

Pengamat energi dari ITB Tri Yuswidjajanto menilai, keputusan pemerintah bukan suatu langkah yang bijak. Pasalnya, saat ini masyarakat sudah cukup berat menanggung beban hidup dengan naiknya harga kebutuhan pokok, tapi Pemerintah malah menaikan harga-harga tersebut secara bersamaan.

"Ketika semua kebutuhan hidup bergerak naik, pemerintah justru melakukan tindakan tidak bijaksana dengan menaikkan harga BBM, kereta api, listrik dan Elpiji," tuturnya Tri kepada Okezone di Jakarta.

Tri meyakini, dengan keadaan yang serba mahal seperti saat ini, keadaan perekonomian masyarakat Indonesia akan carut marut. Terlebih untuk masyarakat kelas menengah ke bawah.

"Tentu hal ini bisa memicu kekacauan ekonomi," tegas Tri.

Kendati demikian, dirinya setuju dengan alasan dari penyebab kenaikan harga-harga tersebut yang dibeberkan oleh Pemerintah. Menurutnya, anjloknya mata uang Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat, serta mulai naiknya harga minyak dan gas dunia menjadi faktor utama naiknya harga BBM dan lainnya.

Namun, Tri tetap menyayangkan tentang keputusan Pemerintah yang menaikan semuanya secara bersamaan.

"Untung the Fed batal menaikkan suku bunga. Bisa-bisa kalau jadi USD akan melejit ke Rp25.000 per USD, dan semua harga akan terbang," tambahnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links