View Single Post
Old 7th April 2015, 02:44 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Kota Tangerang Siapkan 104 Kampung Bersih

TEMPO.CO, Tangerang - Pemerintah Kota Tangerang menyiapkan 104 kelurahan di 13 kecamatan menjadi Kampung Bersih. Program Kampung Bersih itu merupakan bagian dari edukasi masyarakat yang dicanangkan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) pada 2015.

Kepala Seksi Pembinaan pada Bidang Bina Program DKP Anna Susanti mengatakan sosialisasi kampung bersih dilakukan mulai bulan April hingga Juni 2015. Sosialisasi Kampung Bersih di setiap kelurahan yang ada di Kota Tangerang akan melibatkan ketua RT, RW dan warga setempat sebanyak 50 orang.

Kegiatan sosialisasi Kampung Bersih ini, ujar Anna, sangat diperlukan untuk menggugah kesadaran masyarakat terhadap lingkungan. "Program ini juga dilakukan melalui kerja sama dengan komunitas peduli sampah," kata Anna, Selasa, 7 April 2015.

Selama ini DKP sudah melakukan berbagai program pembinaan kepada masyarakat, utamanya dalam mengelola lingkungan. Salah satunya adalah terbentuknya komunitas peduli sampah yang turut mensosialisasikan program Kampung Bersih ini.

Sekretaris DKP Sugiharto Achmad Bagja mengatakan saat ini sudah ada 20 komunitas peduli sampah yang terbentuk dan tersebar di 13 kecamatan yang ada di Kota Tangerang. Komunitas-komunitas ini terbentuk berkat kesadaran masyarakat untuk mengelola lingkungannya menjadi lebih bersih dengan pengelolaan sampah yang dilakukan swadaya.

Salah satu komunitas peduli sampah adalah Bank Sampah Sungai Cisadane (Banksasuci). Komunitas pencinta lingkungan dan penyelamat bumi dari sampah ini bernaung di sebuah saung bambu persis di bibir Sungai Cisadane di kawasan Cibodas, Kota Tangerang. Aktivitas para relawan yang tergabung di Banksasuci setiap hari adalah memunguti sampah yang melintas di Sungai Cisadane.

Koordinator Banksasuci Uyus Setia Bakti mengatakan awalnya dia dan para relawan membabat ilalang yang tingginya hampir tiga meter. "Setahun lalu tanah ini penuh ilalang liar. Kami buka dan kami dirikan saung sebagai tempat penampungan sampah yang dikumpulkan dari Sungai Cisadane," kata Uyus.


http://www.tempo.co/read/news/2015/0...Kampung-Bersih
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links