View Single Post
Old 7th April 2015, 02:49 PM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 16 Feb 2015
Userid: 3276
Posts: 1,017
Likes: 0
Liked 5 Times in 5 Posts
Default 2 Puskesmas di Jakarta Timur Ini Bakal Jadi Rumah Sakit

TEMPO.CO, Jakarta - Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardhana menargetkan dua puskesmas di wilayahnya menjadi rumah sakit tipe D pada 2016. Jika rencana itu berjalan mulus, jumlah rumah sakit pemerintah di Jakarta Timur bakal bertambah. Sebelumnya, pemerintah mengubah Puskesmas Ciracas dan Kramat Jati menjadi rumah sakit. "Rencananya, Puskesmas Duren Sawit dan Jatinegara yang bakal menyusul," kata Bambang, Senin, 6 April 2015.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur Iwan Kurniawan mengatakan pemerintah bakal menganggarkan Rp 26 miliar untuk merombak dua puskesmas itu menjadi rumah sakit. Dana tersebut digunakan untuk memperbaiki fisik bangunan dan pembelian fasilitas alat kesehatan.

Tujuan peralihan status puskesmas menjadi rumah sakit, kata Iwan, karena kebutuhan ruang rawat inap di DKI Jakarta sudah melebihi kuota. Nantinya, DKI bakal punya puluhan ruang rawat inap baru dari Puskesmas Jatinegara dan Duren Sawit. "Tambahan sekitar 80 ruang baru," ujarnya.

Selain dukungan dana dari pemerintah, puskesmas yang bakal beralih status menjadi rumah sakit tipe D ini wajib memenuhi standar pelayanan minimum dokter. Iwan menyebutkan puskesmas wajib mempunyai dokter spesialis anak, kandungan, penyakit dalam, dan bedah. "Setidaknya dua dari empat dokter spesialis tersebut dimiliki puskesmas," dia menambahkan.


http://www.tempo.co/read/news/2015/0...di-Rumah-Sakit
partisusanti is offline   Reply With Quote
Sponsored Links