View Single Post
Old 7th April 2015, 05:37 PM   #1
Warga Forumku
 
Join Date: 26 Mar 2015
Userid: 3548
Posts: 5
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Dilema Komuter Jakarta Tiap Harinya



Indonesia mungkin memegang peringkat sebagai salah satu negara paling buruk dalam penanganan transportasi umumnya. Benar-benar tidak ada penanganan serius dan solusi nyata yang telah dilakukan untuk meringankan penderitaan para pengguna transportasi umum atau komuter. Parahnya, kita tidak punya pilihan. Berikut adalah masalah umum para komuter yang dialami tiap harinya. Setiap-Hari.

Macet yang Tak Tertahankan
Anda menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi, namun tetap saja terjebak macet? Kemacetan Jakarta sudah menjadi masalah berat selama 1 dekade ke belakang dan bahkan akan lebih parah pada saat musim hujan seperti sekarang. Setiap harinya kita harus bangun lebih awal di pagi hari untuk menghindari jam-jam berangkat sekolah dan kantor dimana itu lalu lintasnya sangatlah macet. Anda harus bisa mengatur waktu dengan baik terutama jika Anda harus datang ke berbagai meeting di berbagai tempat sekaligus. Anda juga harus mengatur waktu tidur semaksimal mungkin karena urusan macet yang tidak pernah berakhir ini.

Transportasi yang tidak nyaman
Trasportasi umum atau jalur komuter adalah cara paling terjangkau untuk menuju suatu tempat, tapi memang terkadang, Anda harus tahan terhadapy ketidaknyamanan selama perjalanan. Kereta Commuter Line, Busway, Bus APTB, dan Kopaja, Metromini, dan kendaraan lainnya ditawarkan dengan harga yang murah tapi Anda harus kuat berdesak-desakan dengan penumpang lain di dalamnya. Rata-rata supir bus akan memaksimalkan setiap ruang di kendaraan agar terisi penuh sehingga pendapatan mereka lebih banyak. Wajar kan apabila orang-orang akhirnya menganggap transportasi komuter berarti ketidaknyamanan.

Penumpang lain yang egois
Sangat jarang Anda tidak bertemu dengan penumpang yang tidak punya empati sama sekali. Kebanyakan, mereka tidak akan memberikan duduk kepada komuter lain jika mereka sudah duduk, biasanya mereka akan melakukan itu jika disuruh oleh petugas yang berada didalam atau jika ada penumpang yang disable atau wanita hamil. Beberapa penumpang akan mendengarkan musik dengan suara keras di headset agar tidak diganggu. Memang tidak semua penumpang bersahabat, tapi setidaknya bersikap baik dan ramahlah kepada penumpang lain ketika Anda butuh bantuan atau mereka butuh bantuan Anda.

Supir yang Seenaknya Sendiri
Pernahkah Anda dikenakan argo kuda atau tarif yang mahal supir taksi di waktu yang sibuk seperti macet total, jam pulang kantor atau sedang hujan? Rasanya seperti sedang stress di situasi yang stress—dua kali stress! Tapi tentu saja, kita tidak punya pilihan lain selain membayarnya (dan mereka tahu itu)

Kriminal
Penjambret, maling dan begal adalah masalah yang harus di waspadai akhir-akhir ini. mereka ada dimana saja hari biasa ataupun hari libur; mereka berpakaian dengan rapi. Mereka tahu bagaimana pekerjaan mereka; mereka hanya tahu apa yang mereka lakukan dan yang Anda lakukan. Mereka biasanya, tahu dimana Anda menaruh uang Anda atau seberapa besar ‘nilai’ mangsanya.

Bagaimana mengatasi kejahatan semacam ini? Masyarakat dan Pemerintah harus bersama-sama dalam melakukan pengamanan. Salah satu caranya antara lain menempatkan CCTV di jalan-jalan, membawa alat-alat pelindung diri seperti semprotan merica, alat kejut listrik, aplikasi anti maling untuk smartphone Anda di internet. Anda juga bisa memanfaatkan akun-akun resmi polisi di media sosial sebagai sarana komunikasi, dan layanan telepon publik untuk pengaduan masyarakat. Anda harus selalu siap siaga ketika sedang berada di kendaraan umum.

Manakah permasalahan diatas yang biasanya menjadi masalah Anda ketika di transportasi umum? Bagi Anda yang ingin informasi dan tips lainya, Kunjungi Blog HaloMoney.
halomoney is offline   Reply With Quote
Sponsored Links