View Single Post
Old 3rd August 2012, 10:41 AM   #65
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

Terbentur Pembebasan Lahan, Proyek KA Bandara Rp 18 T Baru Dilaksanakan 2014

http://finance.detik.com/read/2012/0...aksanakan-2014

Quote:
Jakarta - Mega proyek infrastruktur jalur kereta api menuju Bandara Soekarno-Hatta berjalan alot. PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) yang mempersiapkan proyek tersebut terhadang pembebasan lahan.

"PR terbesar adalah pembebasan lahan, ini tantangan terbesar. Ini yang harus dibebaskan," ungkap Direktur Utama SMI Emma Sri Martini kantor SMI, di Gedung GKBI, Jakarta, Senin (30/7/2012).

Mega proyek yang menggunakan pembiayaan dengan skema kerjasama pemerintah swasta (KPS) tersebut, saat ini baru sampai tahap pengkajian due diligence oleh SMI.

"Kita progresnya baru menyelesaikan due diligence. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan menyatakan proyek layak," tambahnya.

Emma menilai, proyek yang banyak melibatkan stakeholder itu, saat ini akan menuju ke tahap untuk dilakukan pre feasibility study (FS).

Selain itu, proyek jalur kereta api ini akan menelan biaya mencapai US$ 2 miliar atau Rp 18 triliun.

"Biaya S$ 2 miliar dengan panjang 30 km sampai 33 km," tambahnya.

Emma menjelaskan, proyek tersebut sudah bisa dieksekusi pada semester II-2014, ketika FS selesai dilaksanakan pada akhir 2013. Selain itu, Emma menambahkan saat ini masih terdapat 5 opsi rute jalur kereta api bandara.

"Stakeholder belum memutuskan jalur mana terbaik. Setelah diputuskan Kemenhub jalur mana yang akan dilalui. Opsinya masih 5 untuk jalurnya," kata Emma.

Emma menjelaskan, SMI pada proyek jalur kereta api bandara ini berperan sebagai fasilitator yang membantu menyiapkan tahap-tahap dari awal perencanaan sampai tahap mengajak investor.

"Penyiapan SMI pada railway bandara lebih kepada memperbantukan ke Kemenhub, kita tidak membantu finansial. Kita menyiapkan tahap per tahap," tutup Emma.



(feb/dnl)
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote