View Single Post
Old 3rd August 2012, 10:42 AM   #66
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

Kamis, 02 Agustus 2012 , 07:58:00
Proyek Bandara Tetap di Loa Kulu


http://www.kaltimpost.co.id/index.ph...tail&id=143277

Quote:
TENGGARONG – Lokasi Bandar Udara (Bandara)yang akan dibangun investor di Kutai Kartanegara (Kukar) dipastikan tetap di Loa Kulu. Seperti yang digagas era Bupati Syaukani HR. Kepastian lokasi bandara ini diketahui dari hasil pra Feasibility Studi (FS) yang dilakukan PT Santika Consulindo (SC).

SC sebelumnya melaksanakan pra FS pada tiga lokasi yang diusulkan Pemkab Kukar, Loa Kulu (eks rencana lokasi pembangunan Bandara Sultan Kutai Berjaya), Kelurahan Jahab-Tenggarong, dan Sebulu. Ternyata dari tigas opsi tersebut, Loa Kulu dianggap paling bagus.

Selanjutnya, kini Pemkab Kukar mulai mempersiapkan lelang kegiatan FS bandara. Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kukar Ahyani menjelaskan, proses FS ini tahapannya tidak jauh beda dengan pra FS. Biayanya juga menggunakan APBD Kukar 2012. Pemkab telah mengalokasikan pagu dana sebesar Rp 1,1 miliar melalui Dishub.

Masa penawaran kegiatan FS ini, menurut Ahyani, telah dibuka hingga September mendatang. Sehingga dipredikasi hasil FS atau uji kelayakan akan rampung pada Desember mendatang. “Sudah ada perusahaan yang mengajukan penawaran. Tapi, jumlahnya belum bisa disampaikan. Nanti, pada saat penutupan baru bisa disampaikan,” terang Ahyani.

Hasil atau rekomendasi FS akan lebih rinci dibanding pra FS. Meski pun keduanya sama-sama menjadi masukan pemerintah dalam merancang pembangunan bandara. Pada tahap FS, sudah mulai memasuki persiapan pembangunan fisik bandara. Sedangkan proyek pra FS hanya terkait persiapan awal pemerintah dalam membangun proyek bandara.

“Ya, salah satu rekomendasi pra FS ini adalah untuk menentukan di mana lokasi pembangunan bandara yang paling tepat. Jika FS nanti sudah berbicara masalah kebutuhan bandara apa saja. Hasil rekomndasi keduanya sama-sama akan dibawa ke Kementrian Perhubungan untuk dipresentasikan,” terangnya.

Ahyani menambahkan, dipilihnya Loa Kulu sebagai lokasi pembangunan bandara, karena lokasi lahan di Loa Kulu telah lebih siap. Selain itu, jarak manuver pesawat yang sebelumnya dikhawatirkan terlalu dekat dengan Bandara Samarinda Baru (BSB) di Samarinda tak menjadi masalah. Sehingga dipastikan jika lokasi pembangunan bandara di Loa Kulu, juga dapat lebih menghemat anggaran.

Salah seorang tenaga ahli dari SC, Hengki menjelaskan, pihaknya sempat mendapat masukan tentang analisis pengembangan secara geografis. Namun, menurutnya, hal tersebut telah dijelaskan dalam rekomendasi di pra FS. “Semua hasil analisis telah kami sampaikan secara lengkap di pra FS tersebut,” ucapnya.
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote