View Single Post
Old 10th April 2015, 07:10 PM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Kontrak Freeport Direkomendasikan Diperpanjang

Quote:
JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah mengantongi rekomendasi terkait perpanjangan kontrak karya (KK) PT Freeport Indonesia (PTFI) yang habis pada 2021. Rekomendasi ini, akan diajukan pada Joko Widodo (Jokowi).
Staf Khusus Menteri ESDM, Said Didu, menjelaskan rekomendasi ini mempercepat proses perubahan KK menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUP-K). Sehingga, semuanya ada kepastian yang memungkinkan kegiatan penambangan tidak akan berhenti. Lantaran, Freeport meminta kepastian perpanjangan kontrak pada tahun 2017 mendatang.

"Ini baru rekomendasi saja, nanti akan disampaikan ke pak Menteri ESDM, kalau disetujui langsung ke pak Presiden Jokowi," paparnya saat ditemui di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (10/4/2015).

Ketua Penelaah Pembangunan Smelter Nasional ini juga mengatakan, saat ini tambang terbuka Freeport akan habis pada 2017. Bahkan, Freeport enggan investasi tambang terbuka apabila perpanjangan kontrak baru dibahas dua tahun sebelum masa kontrak habis atau 2019.

"Alternatifnya adalah kalau mengikuti KK maka nunggu 2019 sesuai Peraturan Pemerintah (PP). Maka 2019 baru boleh diotak-atik. Tapi secara riil poltik enggak mungkin, kan pemilu, jadi sama sekali tidak ada kegiatan," jelasnya.

"Alternatif kedua, Percepat perubahan IUPK, dimajukan (2015), itu tidak melanggar UU. Ini tidak ada di UU, ini terobosan saja," sambungnya.

Lanjut Said menjelaskan, hal ini dilakukan untuk bertujuan menimbulkan kepastian, sehingga, investasi bakal berjalan seperti pembangunan smelter dapat kepastian alokasi sumber bahan baku dan nasib para pekerja tambang.

"Kalau itu tidak dimajukan, smelter tidak dibangun, kan itu bahan bakunya dari sana, kalau enggak kepastian kan terjadi PHK, industri papua enggak jadi, pembangunan listrik enggak jadi. Makanya ini rekomendasi," jelasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links