View Single Post
Old 3rd August 2012, 10:45 AM   #69
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

PROYEK RUNWAY BANDARA SEPINGGAN: Pekerjaan fisik diprediksi baru dimulai 3 tahun lagi

http://www.bisnis.com/articles/proye...i-3-tahun-lagi



Quote:
BALIKPAPAN-- Proyek perpanjangan landasan pacu Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan oleh Pemerintah Provinsi Kaltim dari 2.500 meter menjadi 3.250 meter diperkirakan baru bisa dimulai pekerjaan fisiknya paling cepat pada 3 tahun mendatang.

Proses pembebasan lahan menjadi hal yang paling alot untuk dibahas mengingat ada sekitar 38 hektar lahan di darat yang harus dibebaskan. Dana yang akan digunakan untuk pembebasan lahan tersebut berasal dari APBD Provinsi sekitar Rp 84 miliar.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Balikpapan Suryanto mengatakan pihaknya baru saja menyelesaikan proses inventarisasi lahan yang akan terkena perpanjangan landasan pacu tersebut.

“Jadi, setelah dibebaskan masih harus dilakukan DED [detail engineering design]. Lalu reklamasi dilakukan untuk persiapan lahan runway yang di dekat laut. Perkiraan saya paling cepat tiga tahun dari
sekarang baru fisiknya bisa dibangun,” ujarnya, hari ini.

Dia mengakui proyek pembangunan perpanjangan landasan pacu ini akan dilakukan setelah pembangunan gedung terminal rampung dilakukan. Menurutnya, perpanjangan landasan pacu memang tidak mengikuti perluasan terminal yang pembangunannya sudah dimulai sejak tahun lalu.

Namun, Suryanto menegaskan pihaknya akan melakukan percepatan proses pembebasan lahan agar ketika pembangunan dilakukan tidak lagi terkendala lahan. Untuk itu pihaknya telah berkoordinasi dengan warga melalui camat dan lurah agar sosialisasi bisa dilakukan secara menyeluruh.

Wakil Walikota Balikpapan Heru Bambang menambahkan secara keseluruhan rencana perpanjangan landasan pacu sudah berjalan sesuai rencana.

“Kalau dihitung persentasenya sekitar 15% sudah berjalan. Tinggal mengikuti saja perkembangannya nanti,” tukasnya.

Sesuai instruksi dari Gubernur Kalimantan Timur, Pemkot Balikpapan diberi tugas untuk membebaskan lahan seluas 38 hektar. Selain itu, ada pula reklamasi seluas 34 hektar yang perlu dilakukan untuk memenuhi persyaratan standar keselamatan operasi penerbangan.

Untuk proses reklamasi pantai, Suryanto mengungkapkan, kemungkinan akan digunakan pembiayaan dari APBN. Demikian halnya dengan pembangunan sebagian jalur perpanjangan runway tersebut. Namun, mekanisme pembiayaan masih belum dibicarakan secara lebih rinci.

Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak dalam berbagai kesempatan mengatakan perpanjangan landasan pacu tersebut bertujuan agar bandara bisa menampung pesawat berbadan besar, seperti pesawat untuk jamaah haji, sehingga tidak harus transit berulang kali. Selain itu, penambahan fasilitas bandara juga bisa membuka keran investasi untuk masuk ke Kaltim karena akses yang baik.

"Pengembangan bandara Sepinggan harus dilakukan untuk mendukung percepatan pembangunan di Kaltim. Kemudahan dan kenyamanan layanan transportasi udara akan lebih memuluskan investasi masuk ke Kaltim," tukasnya.

Sebelumnya, Direktur Utama Angkasa Pura I (Persero) Tommy Soetomo ketika meresmikan proyek perluasan Bandara Sepinggan mengatakan perpanjangan runway akan membantu mobilitas pesawat di bandara. Dia mengatakan lebih baik melakukan persiapan lebih awal guna menghindari masalah di kemudian hari.(api)
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote