View Single Post
Old 11th April 2015, 09:48 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Maluku Dinilai Siap Jadi Lumbung Perikanan

Quote:
MAKASSAR - Provinsi Maluku dan Maluku Utara (Malut) dinilai siap menjadi lumbung perikanan atau protein.

"Kalau Sulawesi Selatan menjadi lumbung pangan nasional maka wilayah kita akan menjadi lumbung perikanan yang kaya dengan protein," kata Ketua Seminar Nasional yang mengusung tema "Percepatan Pembangunan Kemaritiman Provinsi Maluku dan Maluku Utara sebagai Poros Maritim", Syaiful Muluk Rumadani di Makassar, Jumat (10/5/2015).

Dia mengatakan, fakta geografis menunjukkan kedua provinsi di Kawasan Timur Indonesia (KTI) itu memiliki wilayah yang didominasi oleh laut dan pulau-pulau besar dan kecil yang mencapai ratusan pulau.

Mencermati fenomena itu, warga Sulsel yang berasal dari Maluku dan Maluku Utara menggagas seminar nasional kemaritiman yang bertujuan merumuskan pokok-pokok pikiran dalam upaa mempercepat pembangunan kemaritiman Provinsi Maluku dan Utara dalam mendukung kebijakan nasional.

Selain itu, lanjut dia, seminar dibutuhkan untuk mengidentifikasi potensi dan permasalahan pembangunan kemaritiman dan pariwisata bahari di kedua provinsi itu.

Pada kegiatan seminar juga ditampilkan gerai pameran hasil potensi Provinsi Maluku dan Maluku Utara seperti minyak kayu putih, minyak cengkeh dan pala serta aneka batu permata yang terkenal seperti batu bacan.

"Setelah seminar ini, besok malam kami akan menggelar 'malam baku sayang' dengan menampilkan kesenian khas dua provinsi" kata Syaiful.

Pembukaan seminar dilakukan oleh Wakil Gubernur Sulsel H Agus Arifin Nu'mang.

Sedangkan yang menjadi pembicara pada seminar itu diantaranya Deputi IV Menko Kemaritiman Dr Ir Syafri Burhanuddin, DEA, Wakil Gubernur Maluku Utara M Natsir Thaib dan Kepala Puslitbang Laut, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, Universitas Hasanuddin Prof Dr Ir Budiman, DEA.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links