View Single Post
Old 12th April 2015, 09:37 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Dibutuhkan BUMN Mirip Shinkansen Jika Ingin Bangun Kereta Cepat

Quote:
JAKARTA - Investor Jepang mengusulkan agar pemerintah Indonesia membentuk BUMN khusus operator moda transportasi kereta cepat. Hal ini dilakukan setelah adanya studi kelayakan proyek rel kereta api cepat serupa Shinkansen.
Deputi Sarana dan Prasarana Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Deddy Priatna, mengatakan bahwa investor Jepang melihat, prospek bisnis kereta api cepat sangat menjanjikan, namun membutuhkan manajemen bisnis yang kuat dan terpisah dari BUMN PT Kereta Api Indonesia.

"Tapi tetap pemerintah boleh putuskan tetap di PT KAI atau tidak. Dari studi kelayakan fase pertama, Jepang memang menginginkan BUMN baru karena bisnis yang sangat besar," kata dia di Jakarta, Sabtu (11/4/2015).

Menurut dia, bahwa hanya negara-negara dengan masyarakat menengah ke atas yang memiliki Shinkansen adalah pendapat kurang tepat. "Dulu Jepang saat punya Shinkansen, 30 tahun yang lalu atau 25 tahun yang lalu, pendapatan per kapitanya tidak terlalu besar, tapi proyek ini bisa mem-boost-up ekonomi," tutur dia.

Sekadar informasi, Investor Jepang dari Badan Kerja Sama Internasional Jepang (Japan International Cooperation Agency/JICA), kata Deddy, baru saja merampungkan studi kelayakan fase pertama dari tiga fase yang direncanakan. Adapun biaya untuk melakukan studi kelayakan tersebut senilai USD15 juta.

Studi kelayakan dari Jepang untuk fase pertama menghasilkan beberapa opsi pembangunan proyek senilai Rp60 triliun itu.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links