View Single Post
Old 12th April 2015, 09:38 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Hasil Riset Jepang Kereta Api Cepat Bisa Sampai Surabaya

Quote:
JAKARTA - Investor Jepang melihat, prospek bisnis kereta api cepat sangat menjanjikan, namun membutuhkan manajemen bisnis yang kuat dan terpisah dari BUMN PT Kereta Api Indonesia. Oleh karena itu, Jepang telah melakukan studi kelayakan pada proyek kereta cepat tersebut.
Deputi Sarana dan Prasarana Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas, Deddy Priatna, mengatakan dari studi fase pertama, rute kereta api cepat juga kemungkinan tidak hanya berhenti sampai di Bandung, tapi juga ke Cirebon, Semarang dan Surabaya.

Sementara Di Jakarta, akan bermula di kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat dengan rel kereta api yang dibangun di bawah tanah. Dengan kereta api "Shinkansen" Indonesia ini, waktu tempuh Jakarta-Bandung hanya 34 menit, dan Jakarta-Surabaya 2,5 jam.

"Rencana rute kereta api cepat yang akan melewati Cirebon juga agar sarana perhubungan dapat tereintegrasi dengan Bandara Kertajati yang sedang dibangun di Majalengka," kata dia di Jakarta, Sabtu (11/4/2015).

"Shinkansen itu banyak yang mengatakan hanya negara-negara dengan masyarakat menengah ke atas yang memiliki Shinkansen. Padahal tidak seperti itu. Dulu Jepang saat punya Shinkansen, 30 tahun yang lalu atau 25 tahun yang lalu, pendapatan per kapitanya tidak terlalu besar, tapi proyek ini bisa 'memboost-up' ekonomi," kata dia.

Adapun total investasi yang dibutuhkan untuk proyek ini, diperkirakan mencapai sebesar Rp60 triliun. Dari skema yang ditawarkan Jepang, pemerintah juga diminta menanggung investasi sebesar 16 persen, selain BUMN pelaksana kereta api cepat sebesar 74 persen dan swasta 10 persen.

Menurut dia, pemerintah menargetkan dapat memutuskan siapa pelaksana proyek tersebut pada akhir 2015. Adapun awal pembangunan proyek tersebut diharapkan pemerintah dapat dimulai selambat-lambatnya pada 2019.

Pemerintah juga akan mempertimbangkan nilai keuntungan atau Financial Internal Rate of Return (FIRR) dari proyek itu. Hasil studi Jepang tentang proyek ini, nilai keuntungan BUMN pelaksana proyek ini akan cukup menguntungkan dalam estimasi waktu yang tidak terlalu lama.

Hal tersebut dikarenakan bunga yang ditawarkan dari Jepang cukup rendah di level 0,1 persen. Adapun, nilai FIRR untuk BUMN pelaksana proyek kereta api cepat ini dari studi kelayakan sebesar 0,97.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links