View Single Post
Old 12th April 2015, 09:41 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Menyiasati Agar Gaji Cukup, Yuk Diet Anggaran!

Quote:
JAKARTA - Kenaikan harga BBM berimbas pada harga barang-barang kebutuhan pokok. Menghadapi situasi seperti ini membutuhkan kejelian tersendiri agar gaji bisa mencukupi kebutuhan utama selama satu bulan.
Perencana Keuangan Andy Nugroho mengungkapkan, dalam mengatur kondisi keuangan bagi pihak single maupun berkeluarga diperlukan dua langkah strategis dalam menghadapi harga-harga. Di antaranya, dengan melakukan diet anggaran serta menambah pemasukan.

"Strategi mengurangi pengeluaran atau menambah pemasukan. Terutama mengurangi hal-hal yang berkaitan dengan kesenangan dan gaya hidup, yang sering menonton film, belanja, dan lain-lain agak dikurangi porsinya," ujar Andy kepada Okezone di Jakarta, Sabtu (11/4/2015).

Lebih lanjut Andy menjelaskan, mendapatkan penghasilan bisa dengan cara mencari pekerjaan lain yang gajinya lebih besar dibandingkan kantor sebelumnya. Akan tetapi, terdapat alternatif lain yang dapat dilakukan bila tidak ingin keluar dari pekerjaan lama.

"Kita bisa menambah penghasilan dengan melakukan kerjaan sampingan, mulai dari hal-hal seperti menjadi operator penjualan pulsa, menjadi agen asuransi, menjual-beli properti, jualan secara online dan sebagainya," paparnya.

Di sisi lain, seseorang harus menyisihkan sebagian dari penghasilan dengan menabung. Khususnya bagi yang masih single, dapat mengalokasikan dana menabung lebih besar untuk persiapan masa depan.

"Single yang pengeluarannya lebih sedikit, idealnya dapat menyisihkan 10 persen dari penghasilan untuk ditabung," imbuh dia.

Sementara itu, bagi pihak yang telah berkeluarga dapat mengalokasikan pendanaan yang masuk dalam kebutuhan konsumsi sekira 55 persen dari pemasukan.Hal tersebut, untuk mengatasi masalah krisis keuangan ditengah minimnya gaji.

"Dana darurat 10 persen dari penghasilan,lalu dana kebutuhan konsumsi seperti dana pendidikan anak, kesehatan dan lainnya sekira 55 persen dari pemasukan. Sedangkan, untuk dana amal sebaiknya alokasikan lima persen dari pemasukan," saran.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links