View Single Post
Old 12th April 2015, 09:45 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Punya Modal Rp30 Juta, Bagaimana Cara Investasi Reksa Dana?

Quote:
APA itu reksa dana? Di Indonesia, apa saja perusahaan reksa dana? Saya juga sudah punya modal sekira Rp30 juta tapi bingung untuk usaha apa dan saya masih tetap bekerja.

R Lukman



Jawab:

Dear Pak Lukman,

Pengertian reksa dana menurut Pasal 1 Ayat (27) Undang-Undang Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995, “Reksadana adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portfolio efek oleh manajer investasi.”

Produk ini diterbitkan oleh perusahaan asset management (biasa disebut juga manager investasi ) dan dijual langsung oleh perusahaan tersebut, atau ada juga yang diageni penjualannya oleh bank-bank umum. Manajer investasi bertugas mengelola dana yang dihimpun dari masyarakat dengan menginvestasikannya ke pasar modal. Dan, masyarakat ataupun nasabah akan menikmati keuntungan berinvestasi di reksa dana melalui peningkatan nilai aktiva dari dana mereka yang dikelola oleh manajer investasi.

Reksa dana menjadi salah satu pilihan yang menarik dalam berinvestasi karena imbal hasil yang diberikan relatif bisa lebih tinggi dibandingkan nilai inflasi. Hal lainnya adalah saat ini terdapat produk-produk reksa dana yang dijual secara ritel, sehingga masyarakat bisa memilikinya dengan modal yang relatif kecil mulai dari Rp100 ribu tiap kali penyetoran.

Perusahaan asset management biasanya memiliki macam produk reksa dana. Sebelum menentukan produk mana yang akan kita beli, pastikan produk tersebut sudah sesuai kebutuhan kita. Yang mesti kita ingat adalah di produk ini tetap berlaku konsep investasi bahwa semakin tinggi potensi imbal hasil yang bisa kita dapatkan, maka risiko yang akan kita hadapi juga semakin besar. Bila tidak berani menghadapi risiko, maka pilihan kita hanya akan memberikan imbal hasil yang biasa-biasa saja.

Maka dari itu, kita harus memahami potensi risiko dan imbal hasil dari tiap jenis pengelolaan dana. Reksa dana yang berbasis pasar uang ataupun pendapatan tetap lebih cocok untuk mereka yang cenderung memilih stabilitas dan keamanan daripada imbal hasil yang besar.

Fund ini juga lebih cocok untuk orang-orang yang menginvestasikan uangnya dalam jangka pendek atau menengah saja, maksimal adalah tiga tahun. Sementara bagi mereka yang menginginkan return lebih besar dan siap menghadapi risiko lebih besar juga, maka saya sarankan untuk memilih reksa dana yang berbasis di dana campuran maupun dana saham. Fund jenis ini juga lebih tepat dipilih untuk investasi jangka panjang, yaitu di atas tiga tahun.

Hal berikutnya yang perlu kita lihat sebelum membeli adalah pelajari track record dari produk yang akan kita beli atau dalam bahasa investasinya disebut dengan prospektus. Dari prospektus tersebut akan terlihat bagaimana perkembangan nilai aktiva reksa dana yang akan kita beli. Jangan melihat pertumbuhan nilainya dalam jangka pendek semisal dalam tempo sebulan atau tiga bulan, tapi langsung perhatikan pertumbuhan nilainya paling tidak dalam satu tahun terakhir.

Bila angkanya menurut Anda oke punya, Anda bisa memilih produk tersebut untuk dimiliki. Hal yang perlu diingat juga bahwa prospektus tersebut adalah gambaran kinerja waktu terdahulu dari si manajer investasi dalam mengelola dana tersebut, dan tidak ada jaminan bahwa prestasi yang mereka torehkan setahun lalu akan dapat terulang di masa mendatang.

Tidak masalah apabila Pak Lukman tetap bekerja di tempatnya sekarang namun tetap ingin berinvestasi, karena pada produk ini hakikatnya yang bekerja keras untuk mendapatkan hasil yang maksimum adalah sang manajer investasi. Jadi, nasabah tinggal menginvestasikan dananya dan memantau kinerja dari manajer investasi tersebut.

Selamat berinvestasi.

Andy Nugroho, CFP (twitter @AndyTrinugroho)
PT. Mitra Rencana Edukasi - Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www.kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusinessAdvisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi – MRE Indonesia

Anda memiliki pertanyaan seputar masalah keuangan, kami siap beri solusinya. Kirimkan pertanyaan Anda ke economy@okezone.com, dan redaksi@okezone.com dengan subyek "Konsultasi Ekonomi".
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links