View Single Post
Old 12th April 2015, 04:57 PM   #1
Warga Forumku
 
Join Date: 11 Apr 2015
Userid: 3656
Posts: 2
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Default Bahaya Efek Jangka Panjang Obat Pemutih Gigi

Program pemutihan gigi bisa dilakukan di rumah sendiri atau dengan bantuan dokter gigi. Dengan menggunakan pemutih bleach yang dioleskan ke enamel gigi, warna gelap pada gigi bisa hilang dan gigi pun kembali putih cemerlang.

Selain itu, ada juga pemutih gigi dengan menggunakan laser. Namun apapun yang anda pakai untuk memutihkan gigi, pastikan anda berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mengetahui efek jangka panjang pemutih tersebut.

Kerusakan Enamel

Menurut website online surgery, pemutih gigi yang bebas dijual kebanyakannya bekerja dengan menipiskan enamel. Menggunakan terlalu sering atau juga menggunakan tanpa memperhatikan aturan pakai bisa merusak gigi anda. terlabih lagi pada kasus pasien dengan penipisan enamel, pemutih gigi tidak diperbolehkan untuk dipakai.

Iritasi Gusi

Hidrogen peroksida merupakan bahan yang paling sering ditemukan dalam obat pemutih gigi. Efek samping hidrogen peroksida ini membuat iritasi pada gigi. Ini bisa terjadi jika anda menggunakan hidrogen peroksida dengan cara yang tidak benar sehingga langsung bersentuhan dengan gusi.

Gigi Sensitif
Program pemutihan memiliki efek samping lain yaitu membuat gigi menjadi sensitif terhadap makanan dingin dan minuman bersoda. Ini terjadi karena obat pemmutih tersebut mempengaruhi saraf pada gigi. Pada kebanyakan kasus, sesitifitas ini berkurang beberapa hari setelah prosedur dihentikan, namun pada beberapa kasus gigi bisa menjadi terus sensitif.

Kanker Mulut

Pada laporan yang dibuat pada Konferensi Kanker Kepala dan Leher Tahun 2004, peneliti menyimpulkan teori bahwa ada hubungan antara pemutih gigi dengan kanker mulut. Ada dua kasus pasien tanpa riwayat faktor resiko kanker kemudian mengalami kanker mulut setelah pemakaian obat pemutih gigi.

Tes pada tikus menunjukkan bahwa peroksida yang terkandung dalam obat pemutih gigi memicu tumbuhnya sel kanker.

Efek Samping Karbamid Peroksida

Selain efek samping jangka panjang di atas, ada beberapa efek samping karbamid peroksida yang bisa terjadi pada pasien.

Nyeri tenggorokan

Jika anda secara tidak sengaja menelan cairan pemutih gigi maka efek samping yang bisa segera timbul adalah iritasi tenggorokan. Hindari menelan cairan pemutih gigi dan gunakan sesedikit mungkin yang anda perlukan.

Bilas mulut anda segera setelah memakai pemutih gigi. Berkumur-kumur dengan air garam bisa meredakan nyeri tenggorokan ini.

Putih yang tidak merata

Beberapa orang melaporkan warna putih yang tidak rata pada gigi mereka setelah menggunakan karbamid peroksida. Biasanya ini terjadi karena pengolesan yang tidak rata. Menurut dokter gigi Howard Strassler di Baltimore College of Dental Surgery ini biasa terjadi pada minggu pertama menggunakan karbamid peroksida.

Juga disebutkan bahwa pemutih gigi hanya bekerja efektif pada enamel yang normal. Jika anda punya aksesoris gigi atau tambalan gigi, maka tidak akan terpengaruh oleh karbamid. Masalahnya, tentu warnanya akan berbeda dengan enamel yang normal di sekitarnya.

Manfaat Pemutihan Gigi Dengan Laser

Laser adalah salah satu pengobatan untuk memutihkan gigi. Tentunya sebelumnya anda perlu berkonsultasi dengan dokter gigi untuk menentukan apakah ini cocok untuk anda. Prosedur ini biasanya bisa dilakukan oleh dokter gigi di tempat praktek mereka masing-masing.

Efektifitas
Teknik pemutih dengan laser cenderung lebih efektif ketimbang metode lainnya. Produk pemutih yang dipakai di rumah biasanya menggunakan agen pemutih yang sifatnya lebih rendah dibandingkan laser.

Menurut Uniersity Maryland Medical Center, efek pemutih laser ini bisa bertahan hingga 5 tahun sedangkan pemutih rumahan bisa sampai 6 bulan saja hingga satu tahun.

Selain itu, pemutih rumahan hanya menghilangkan warna pada permukaan sedangkan pemutih laser memutihkan gigi secara intrinsik.

Laser lebih cepat
Pemutih gigi dengan laser bisa menghasilkan efek yang terlihat hanya dalam sesi pertama. Walaupun demikian, untuk mencapai efek yang diinginkan mungkin diperlukan beberapa sesi yang masing-masingnya 30-60 menit.

Kerusakan lebih minimal
American Dental Association menjelaskan bahanya penggunaan obat pemutih gigi secara tidak benar. Bahayanya yaitu bisa merusak enamel gigi pada penggunaan jangka panjang.

Sepanjang proses laser whitening dijalankan, ada pengaman yang dipasang pada gusi serta gel penetral yang melindungi gusi.

Semoga artikel yang dipersembahkan oleh www.behellepaspasang.co ini bermanfaat. Selalu jaga kesehatan gigi anda sebab gigi adalah salah satu harta tak ternilai yang kita punyai.
nengsari is offline   Reply With Quote
Sponsored Links