View Single Post
Old 13th April 2015, 09:27 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default OJK Ajak 34 Pelaku Usaha Dorong Layanan Keuangan Mikro

Quote:
JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kini tengah gencar mendorong layanan keuangan mikro. Layanan Keuangan Mikro adalah layanan terpadu yang menyediakan produk dan jasa keuangan mikro untuk masyarakat berpenghasilan rendah (low income) dengan proses yang sederhana dan cepat, akses yang mudah, dan harga yang terjangkau.

Guna mendukung layanan tersebut, OJK menyelenggarakan kegiatan edukasi keuangan melalui acara Pasar Keuangan Rakyat di Taman Sari Kota Banda Aceh dan Edukasi Komunitas berupa Training of Trainers (ToT) di Kabupaten Sigli yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mengenai manfaat dan risiko produk dan layanan di sektor jasa keuangan, termasuk memperkenalkan Layanan Keuangan Mikro.

Selain itu, pada 2015 OJK mencanangkan program sosialisasi sekaligus mendorong serta mendukung Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) menyediakan Layanan Keuangan Mikro sehingga dapat menjangkau masyarakat yang selama ini belum terjangkau layanan di sektor jasa keuangan, khususnya yang berpenghasilan rendah dan UMKM.

Deputi Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Sri Rahayu Widodo mengharapkan Pasar Keuangan Rakyat yang dilaksanakan bersama industri jasa keuangan ini bisa mengubah persepsi masyarakat tentang sulit dan mahalnya memanfaatkan sektor jasa keuangan.

“Pasar Keuangan Rakyat ini diharapkan bisa menunjukkan pada masyarakat bahwa produk dan layanan sektor jasa keuangan saat ini mudah dan murah serta bermanfaat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,” katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (13/4/2015).

Dalam penyelenggaraan Pasar Keuangan Rakyat ini, 34 pelaku usaha jasa keuangan (PUJK) ikut berpartisipasi antara lain dari Perbankan, Perusahaan Asuransi, Perusahaan Pembiayaan, Dana Pensiun, Asosiasi di sektor jasa keuangan, Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa dan juga beberapa UMKM binaan lembaga jasa keuangan.

Berdasarkan hasil survey nasional literasi keuangan Indonesia yang dilaksanakan oleh OJK pada 2013, tingkat literasi keuangan kelompok masyarakat berpenghasilan rendah hanya sebesar 18,71 persen, dengan tingkat inklusi keuangan sebesar 55,98 persen. Mayoritas inklusi keuangan di Indonesia terjadi di sektor perbankan.Untuk kelompok UMKM, tingkat literasi keuangan hanya sebesar 15,68 persen dengan tingkat inklusi keuangan sebesar 53,34 persen.

Bersamaan dengan kegiatan ini, OJK juga menggelar pelatihan untuk pengajar (ToT) di Aula Kabupaten Pidie dengan memberikan edukasi keuangan untuk perangkat desa dan tokoh masyarakat, bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pidie. Kegiatan ToT tersebut diikuti oleh 50 orang yang berasal dari perangkat desa, guru, dosen, pemuka agama dan pelaku usaha UMKM.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links