View Single Post
Old 13th April 2015, 09:28 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Mengenal Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), Benarkah Berbahaya?

Quote:
JAKARTA - Dalam mewujudkan program pembangkit listrik 35 ribu mw, pemerintah harus mempertimbangkan sumber energi baru yaitu nuklir. Namun, selama ini publik masih menganggap energi nuklir berbahaya karena menghasilkan radiasi yang berpotensi menimbulkan penyakit kanker kulit.

Sebenarnya, apakah sebegitu berbahayakah energi nuklir? Apakah energi nuklir itu?

Mengutip data dari Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), Minggu (14/4/2015), ada beberapa fakta terkait energi nuklir. Pertama, Indonesia saat ini memiliki cadangan energi nuklir (uranium) sebanyak lebih dari 50 ribu ton per tahun. Uranium itu dapat digunakan untuk pembangkit listrik berkapasitas 1.000Mw sealam lebih dari 250 tahun.

Kedua, energi nuklir dianggap tidak memberikan pengaruh negatif terhadap cuaca atau iklim jika beroperasi secara rutin. Selain itu, nuklir juga dianggap energi yang bersih karena tingkat polusi yang ditimbulkan relatif rendah.

Ketiga adalah terkait pengaruhnya pada polusi air. Dalam hal ini, jika tidak hati-hati, limbah nuklir bisa menimbulkan masalah serius. Daerah pertambangan dan tempat pembuangan bisa tercemari limbah radioaktif yang berbahaya.

Keempat adalah dari segi biaya. Batan menyebut, biaya pembangunan PLTN relatif tinggi, terkait zero tolerance terhadap faktor keselamatan dan teknologi yang digunakan. Kepala BATAN Djarot S Wisnubroto, untuk membangun reaktor nuklir berkapasitas 1.000-1.400 dibutuhkan investasi Rp25-50 triliun.

Kelima adalah terkait risiko bahaya jika terjadi kecelakaan. Nuklir memang menyimpan potensi dampak jangka panjang dan dapat menyebar secara kuas. Dan yang terakhir adalah risiko pengembangan senjata pemusnah masal. Nuklir memiliki potensi tersebut, terutama pada PLTN yang berbasis plutonium.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links