View Single Post
Old 13th April 2015, 09:30 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Bingung Terlilit Utang Rp4 Miliar

Quote:
SAYA adalah debitur di beberapa bank dengan nilai utang Rp4 miliar. Apa solusinya untuk melunasi kredit saya? Sementara ada beberapa kredit saya yang sudah macet. Mohon solusinya.

Terima kasih,

Ancha



Jawab:

Hai Ancha,

Kewajiban seseorang yang memiliki utang tentunya adalah melunasinya. Namun akan menjadi suatu masalah memang seandainya utang tersebut menjadi macet pengembaliannya karena suatu alasan tertentu. Dalam kondisi sulit seperti ini yang harus Anda lakukan, pertama adalah jangan membuat utang baru dahulu. Prioritaskan Anda bisa melunasi utang lama.

Berikutnya adalah jangan berpikir akan mengemplang utang tersebut alias tidak melunasinya. Sebab bila Anda terus menunggak utang tersebut justru akan semakin mempersulit diri sendiri untuk jangka panjangnya. Maka dari itu, cobalah untuk bernegosiasi dengan pihak yang Anda utangi agar diberi keringanan dalam proses pembayaran utang tersebut. Bisa jadi dengan cara jangka waktu pembayarannya diperpanjang.

Hal berikutnya setelah negosiasi adalah tentunya kita harus berpikir cara melunasi utang tersebut baik secara dicicil ataupun tunai. Untuk itu, tentunya kita memerlukan sejumlah dana untuk melunasinya. Entah itu dengan cara mendapat uang dari bekerja ataupun berbisnis, atau pilihan terakhir adalah mau tidak mau kita harus menjual aset kita.

Mengapa alternatif ini kita gunakan? Sebab, tentunya akan sangat tidak bijak dan tidak menyelesaikan masalah juga seandainya untuk menutupi utang kita dapatkan dananya dari berutang lagi. Oleh karena itu, pilihannya adalah dengan menjual aset kita. Bahkan pada kondisi umumnya, pihak pemberi utang biasanya ketika mengucurkan dananya akan meminta jaminan dari aset kita. Di mana bila kita tidak mampu untuk melunasi dana yang kita pinjam, maka pemberi utang berhak untuk menyita aset kita yang dijadikan jaminan tersebut. Sedih memang, namun memang seperti itulah prosedurnya.

Salam,

Andy Nugroho, CFP (twitter @AndyTrinugroho)
PT. Mitra Rencana Edukasi - Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www.kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusinessAdvisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi MRE Indonesia

Anda memiliki pertanyaan seputar masalah keuangan, kami siap beri solusinya. Kirimkan pertanyaan Anda ke economy@okezone.com, dan redaksi@okezone.com dengan subyek "Konsultasi Ekonomi".
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links