View Single Post
Old 3rd August 2012, 10:50 AM   #18
endar.agustyan
[M]
Sek Cam
 
endar.agustyan's Avatar
 
Join Date: 16 Jul 2012
Userid: 17
Location: Bandung
Posts: 2,185
Real Name: Endar Agustyan
Likes: 43
Liked 85 Times in 51 Posts
Default

Jembatan Layang Rawa Buaya Diresmikan

http://www.tempo.co/read/news/2012/0...aya-Diresmikan



Quote:
TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umun meresmikan Jembatan Layang Rawa Buaya Jakarta Barat. Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan dengan beroperasinya jalan layang tersebut diharapkan mampu mengurangi kemacetan di wilayah Cengkareng.

"Kemacetan parah di kawasan Rawa Buaya ini terjadi karena persimpangan antara perlintasan kereta api dan jalan raya," kata Djoko seusai meresmikan jalan layang, Sabtu, 28 Juli 2012.

Jembatan layang Rawa Buaya ini memang dibangun di atas perlintasan kereta api Jakarta-Tangerang yang juga kerap memakan korban. Menurut Djoko, dibangunnya jembatan tersebut dapat memudahkan akses kendaraan menuju Bandara Soekarno-Hatta atau sebaliknya.

Jembatan Layang Rawa Buaya dibangun mengapit jalan tol Jakarta Outer Ring Road West 2 (JORR W2). Proyek yang menelan dana sebesar Rp 139,6 miliar ini dibangun mulai Oktober 2010 dan rampung Juni 2012 dengan kontraktor PT Jaya Konstrukai MP Tbk.

Jembatan sisi barat yang menuju arah Bandara Soekarno-Hatta memiliki panjang 450,6 meter. Sedangkan sisi timur yang menuju arah Jakarta memilki panjang 478,96 meter.

Panjang total jembatan beserta jalan akses sisi barat 1,183 kilometer sedangkan sisi timur 1,205 kilometer. Lebar kedua jembatan tersebut 8 meter.

"Ini adalah satu-satunya jalan nasional di Jakarta yang bersimpangan dengan perlintasan kereta," ujar Djoko. Saat ini, kata dia, masih ada 59 jalan serupa yang merupakan tanggung jawab pemerintah daerah.
__________________
endar.agustyan is offline   Reply With Quote