View Single Post
Old 14th April 2015, 08:49 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default MMM Pernah Tuai Polemik di Negara Asalnya

Quote:
JAKARTA - MMM merupakan bentuk money game hasil karya Sergei Mavrodi. Di Indonesia, MMM dikenal sebagai Manusia Membantu Manusia. Skema ini juga dikenal dengan Mavrodi Mondial Moneybox.

Tidak hanya di Indonesia, kehadiran MMM sempat mengguncang negara asal Mavrodi, Rusia. MMM-2011 yang sangat populer membuat banyak orang terlibat skema ini.

Tapi, MMM-2011 yang menjanjikan dua kali lipat ini gagal memberikan keuntungan kepada pihak yang menyetorkan dananya. Selanjutnya, MMM-2011 ditutup dan dilakukan penyelidikan oleh pihak kepolisian karena tidak bisa memberikan keuntungan seperti yang dijanjikan dalam iklan yang marak beredar.

Di sejumlah negara lainnya, skema ini juga telah dianggap sebagai aksi penipuan dan dilarang. Mengenai Mavordi ini pernah menjadi laporan khusus pemberitaan Reuters, bertajuk “Grandmaster of Russia's pyramid cult”, yang dipublikasikan pada 17 September 2012.

Diberitakan bahwa sebelum MMM-2011, Mavrodi terkenal dengan skema investasi Ponzi pada 1990-an. Dia juga meluncurkan skema baru MMM-2012 yang menjanjikan keuntungan investasi antara 30-75 persen.

Tapi, Mavrodi menolak tudingan dari tiap penipuan yang terjadi, juga soal tuduhan ilegalitas.

"Orang-orang secara sukarela bergabung dengan sistem tersebut," ungkap Mavrodi dalam rekaman video, menanggapi pertanyaan Reuters. "Mereka sudah diperingati tentang risikonya. Mereka menyadari segalanya. Bagaimana bisa disebut ada penipuan (fraud) di sini?" tambah dia.

Dalam situsnya, MMM mengklaim sebagai sistem yang paling baik dan tulus di dunia yang benar-benar tidak jujur, munafik dan dipenuhi setan.

Fenomena yang dihembuskan Mavrodi sebagai jawaban atas regulasi finansial di Rusia. Mavrodi menunjukkan unsur "Wild East" masih berkembang di bawah Presiden Vladimir Putin.

Saat itu, pemerintahan Putin berdiri menjadi kapitalis, kontras dengan sistem otoriter di tahun 1990-an. Di mana pada tahun tersebut menjadi era yang anarkis, rusaknya tatanan sosial, hiperinflasi dan sangat kacau. Hal ini membuat ini skema piramida yang ditawarkan Mavrodi menjadi sangat menarik.

Sistem Piramida Finansial yang digagas Mavrodi mengandalkan deposan baru untuk membayar kembali yang sudah ada. Dan menurut hukum aritmatika, sistem ini akan runtuh pada akhirnya.

Di negara-negara maju seperti Inggris dan Amerika Serikat (AS), sistem ini dilihat sebagai penipuan dan pelaku bakal dituntut.

Namun di Rusia dan negara-negara bekas Uni Soviet lainnya, mereka beroperasi secara luas tanpa hambatan. Lantaran tidak ada hukum khusus yang melarang skema piramida. Meskipun demikian, undang-undang lain terkadang digunakan untuk menghentikan mereka.

Salah satu masalah, ungkap salah satu korban, adalah sikap pemerintah, yang sering tampak enggan untuk menutup skema. Misalnya, polisi mengatakan mereka tidak punya alasan untuk menyelidiki MMM-2011.

Hal ini mendorong jumlah peserta MMM melonjak menjadi lebih dari 35 juta peserta di Rusia dengan setoran rata-rata USD1.000.

Pamor Mavrodi memang telah menurun sejak berakhirnya era MMM-2011, tetapi masih bisa disebut populer dengan iklan gambar yang berisi anti kemapanan.

Mavrodi mengeluarkan video periodik melalui website-nya untuk mempromosikan skema piramida sebagai jalan menuju masa depan pasca-kapitalis.

MMM juga muncul di samping puisi dan tulisan-tulisan filosofis. Salah satunya seperti di bawah ini.

"Apakah Anda ingin segelintir bankir serakah untuk membeli unit ketiga ... atau mungkin yang kesekian kali ... limusin? Masukan uang Anda di MMM, dan Anda akan membantu pensiunan, orang miskin. Mereka yang benar-benar membutuhkan bantuan Anda!" ucap situs Mavrodi.

"Dunia modern, sistem keuangan modern, adalah sangat tidak adil. Itu tidak benar Ini adalah dongeng yang dirancang dari masa kanak-kanak," kata Mavrodi.

"Saya tidak tertarik pada uang," katanya.

"Tujuan saya adalah hanya untuk membantu orang, tidak ada tujuan lain," ucap Mavrodi.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links