View Single Post
Old 15th April 2015, 09:21 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Indonesia Akan Belajar Energi Terbarukan dari Norwegia

Quote:
JAKARTA - Cadangan minyak Indonesia diperkirakan akan habis dalam hitungan tahun, Hal ini dikarenakan, Indonesia masih memiliki ketergantungan akan energi yang berasal minyak.
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan bahwa, hal ini sangat berbeda sekali dengan Norwegia. Menurutnya, negara tersebut mempunyai cadangan minyak yang cukup banyak, tetapi terus mengembangkan energi baru terbarukan (EBT).

"Norwegia itu kan salah satu penghasil minyak yang cukup besar tetapi minyak dia tidak digunakan untuk kebutuhan energi di dalam negerinya. Tetapi mereka memakai tenaga hydro," tegas Retno di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (14/4/2015).

Untuk itu, dia mengatakan dalam pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Perdana Menteri Kerajaan Norwegia Erna Solberg disinggung mengenai penguatan kerjasama di bidang EBT. "Oleh karena itu kerjasama di bidang hydropower juga merupakan salah satu bidang kerjasama yang dilakukan oleh kedua negara," kata dia.

Menurut Retno, banyak hal yang akan dilakukan dalam hal penguatan kerjasama antara kedua negara yang sudah disampaikan oleh Presiden Jokowi. Upaya penguatan kerjasama tersebut meliputi di bidang energi, perikanan dan maritim, lingkungan hidup dan perubahan iklim serta hak asasi manusia.

"Jadi itu adalah fokus yang kita sepakati dengan Norwegia dan ke depan fokus-fokus itu juga akan kita tingkatkan. Demikian juga untuk masalah perikanan, misal budi daya ikan laut dan pencegahan illegal fishing," tukasnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links