View Single Post
Old 16th April 2015, 09:29 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Menteri Susi Vs Hai Fa, Problem Klasik yang Baru Terekspos

Quote:
JAKARTA - Pemilik perusahaan Kapal MV Hai Fa, Chankid, melaporkan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ke Bareskrim Mabes Polri. Menteri Susi diadukan karena dituding mencemarkan nama baik berupa tuduhan kapal pencurian ikan.

Mengomentari perseteruan Menteri Susi dan Hai Fa, pengamat Maritim Alan F Koropitan mengapresiasi kerja keras Menteri Susi dan tim satuan petugas (satgas) Illegal, Unreported and Unregulated (IUU) Fishing. Hal ini, kata dia, merupakan langkah awal untuk memberantas IUU Fishing.

"Jadi, semangat ini perlu dilanjutkan terus. Kedua, upaya pemberantasan ini memang sudah pernah dilakukan pemerintahan sebelumnya. Namun baru kalau ini diekspos secara terbuka, sehingga tentunya merugikan pihak-pihak yang menjalankan dan menikmati hasil IUU Fishing ini," ujar Alan, saat berbincang dengan Okezone.

Direktur Center for Oceanography and Marine Technology Surya University itu melanjutkan, kasus kapal Hai Fa tersebut memang memiliki celah hukum. Di mana ancaman maksimal hanya berupa denda Rp250 juta. Kondisi inilah yang membangunkan opini masyarakat sehingga terkesan tidak terima dan tentunya pada pihak Menteri Susi dan tim Satgas.

"Mungkin ini yang dianggap oleh pihak Hai Fa turut campur dalam proses hukum. Bu Susi dan tim Satgas IUU Fishing yang dipimpin oleh Mas Achmad Santosa, juga Badan Keamanan Laut (Bakamla) mendukung dengan bukti baru bahwa Vessel Monitoring System (VMS) dimatikan oleh kapal Hai Fa," ucapnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links