View Single Post
Old 18th April 2015, 12:09 PM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Strategi Investasi di Bisnis Jual Beli Padi

Quote:
SELAMAT pagi

Saya Fuad Jirin, seorang buruh pabrik dengan penghasilan kotor per bulan sekitar Rp3,4 juta dan penghasilan bersih sekitar Rp2,4 juta. Sekarang saya sudah mempunyai tabungan sekitar Rp20 juta.

Selama ini saya investasikan tabungan saya dengan cara setiap ada panen raya padi saya selalu membeli padi basah para petani terus saya keringkan dan dijual lagi kalau harga padi naik.

Pertanyaan saya, investasi yang saya lakukan tepat atau tidak mohon solusinya.

Terima kasih



Jawab :

Hai pak Fuad,

Senang sekali mengetahui bahwa bapak selain memiliki pekerjaan utama dengan sistem gajian, ternyata juga memiliki bisnis sampingan yang memberikan hasil yang cukup lumayan, dan itu sangat bagus sekali. Apa yang bapak lakukan sebenarnya lebih tepat disebut dengan trading dibandingkan dengan investasi. Dan pada intinya aktivitas bisnis sampingan yang bapak lakukan telah memberikan hasil yang nyata.

Bila bapak menanyakan apakah aktivitas bisnis yang bapak jalankan sudah tepat, tentunya jawabannya sangat tergantung dengan kondisi dan situasi yang bapak hadapi di daerah pak Fuad. Asumsi saya berdasarkan cerita bapak, bapak tinggal di suatu daerah di mana areal persawahannya masih banyak dan aktivitas jual beli padi nya masih tinggi dan dilakukan langsung di sawah-sawah tiap kali panen raya

Dan dengan kondisi tersebut, menurut saya apa yang bapak lakukan sudah tepat. Tinggal kita memikirkan bagaimana agar bisnis jual-beli padi bapak tersebut dapat semakin besar dan memberikan hasil yang semakin oke juga, sehingga keadaannya tiap kali panen raya hanya mendapatkan segitu segitu saja.

Pertama adalah tandai kapan panen raya tersebut terjadi. Apakah setahun dua kali atau setahun tiga kali, biasanya waktunya bisa diprediksi. Tiap kali panen raya di mana bapak memutar dana bapak untuk dibelikan padi dan kemudian dijual lagi, maka keuntungan dari menjual padi tersebut jangan dihabiskan semua untuk konsumsi. Tapi sisihkanlah sebagian paling tidak 10 persennya untuk ditabung dan diinvestasikan. Ke mana menabung ataupun menginvestasikannya? Tentunya adalah digunakan sebagai modal tambahan ketika membeli panen padi berikutnya.

Jadi dengan modal yang bertambah, maka jumlah padi yang bisa Anda beli pada panen berikutnya akan semakin banyak, dan hasil penjualan padinya pun dapat semakin besar dan akan memberikan keuntungan yang semakin besar pula pada Anda. Lakukan begitu terus tiap kali Anda trading pada saat panen raya, maka lama kelamaan perputaran uang yang Anda lakukan akan dapat menjadi sangat besar pada suatu hari nanti.

Salam,

Andy Nugroho, CFP (twitter @AndyTrinugroho)
PT. Mitra Rencana Edukasi - Perencana Keuangan / Financial Planner
Website. www.mre.co.id, Portal. www.kemandirianfinansial.com
Fanspage. MreFinancialBusinessAdvisory, Twitter. @mreindonesia
Google+. Kemandirian Finansial, Email. info@mre.co.id,
Youtube. Mitra Rencana Edukasi MRE Indonesia

Anda memiliki pertanyaan seputar masalah keuangan, kami siap beri solusinya. Kirimkan pertanyaan Anda ke economy@okezone.com, dan redaksi@okezone.com dengan subyek "Konsultasi Ekonomi".
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links