View Single Post
Old 20th April 2015, 08:56 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Tidak Untung, Investor Tak Akan Minati Proyek Infrastruktur

Quote:
JAKARTA - Banyak pertimbangan yang dilakukan pihak swasta saat proyek infrastruktur ditawarkan oleh pemerintah. Pihak swasta pun tidak semudah membalikkan tangan untuk menerimanya.

Pengamat ekonomi dari Indef, Enny Sri Hartati mengatakan, anggaran untuk swasta tergantung berapa nilai dari pemerintah. Pertama, pemerintah sudah mempunyai keyakinan akan daya tariknya.

"Swasta sih sederhana aja, untung atau tidak. Suatu pertimbangannya adalah kepastian proyek itu bisa dilaksanakan atau tidak, apakah ada perubahan, apakah ada payung hukum. Hal tersebut akan memberikan suatu kepastian seberapa swasta tertarik dengan tawaran itu," ujar Eni, saat dihubungi Okezone, Senin (20/4/2015).

Pihak swasta tersebut, Eni melanjutkan, bisa dalam negeri maupun internasional. Tawaran dengan pemerintah ada aspek yang dilihat, seperti bagaimana bisa menyusun pemerintah berekspansi.

"Yang bisa menyakinkan adalah para investor dalam memberikan suatu daya tarik, tetapi juga harus memperhatikan kepentingan masyarakat. Itulah krusional dan perencanaan yang matang," ucapnya.

Eni menambahkan, pihak swasta yang paling diutamakan untuk menerima tawaran tersebut adalah pemerintah harus mempunyai ide dan konsep. Karena hal tersebut merupakan kepentingan publik atau domain publik.

"Bagaimana merencanakan kepentingan publik itu tanggung jawab pemerintah. Misalnya bangun infrastruktur tapi merugikan, oleh karena itu perlu intensif karena investor kalau tidak untung tidak mau," ungkapnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links