View Single Post
Old 21st April 2015, 03:09 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 26 Aug 2014
Userid: 2460
Posts: 281
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post Tips Membangun Kemandirian Anak

Mendidik dan membina kemandirian anak merupakan tugas dan kewajiban orang tua. Karena, semua orang tua pasti berharap anaknya akan menjadi anak yang mandiri. Mandiri merupakan suatu kondisi dimana seseorang dalam melakukan aktivitasnya tidak bergantung kepada orang lain. Artinya, dengan mandiri maka kegiatan tersebut masih mampu berjalan meskipun tanpa bantuan orang lain.
Mandiri merupakan hal yang harus ada dalam diri seseorang. Karena tidak mungkin kita akan terus bergantung pada orang lain. Oleh karena itu, seiring dengan bertambahnya usia anak, maka si anak harus mulai diajarkan tentang kemandirian. Melatih kemandirian ini merupakan bekal yang baik untuk anak karena kita sebagai orang tua tidak mungkin akan terus bersama anak.
Salah satu unsur penting dalam membangun dan mendidik kemandirian anak yaitu rasa percaya diri anak. Rasa percaya diri anak harus mulai ditumbuhkan sejak anak masih kecil. Rasa percaya inilah yang nantinya akan membuat anak membangun strategi dalam menghadapi persoalan hipupnya. Rasa percaya diri anak tidaklah muncul begitu saja. Akan tetapi, rasa percaya diri anak merupakan rangkaian akumulasi dari berbagai aktivitas yang dilakukannya dengan semboyan “AKU BISA”. Semboyan aku bisa ini tentunya berawal dari didikan orang tua dan stimulasi yang diberikan secara intensif.







Baca artikel selengkapnya mengenai Cara Membangun Kemandirian Anak
ayuanggraeni is offline   Reply With Quote
Sponsored Links