View Single Post
Old 22nd April 2015, 09:42 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Samsul Hidayat Sebut BEI Waspadai Manipulasi Pasar

Quote:
JAKARTA - Bursa Efek Indonesia (BEI) mengaku terus mengawasi perdagangan saham di Indonesia. Pengawasan tersebut berguna untuk mencegah adanya aksi goreng menggoreng saham.

"Sebenarnya di dunia pasar modal yang pidana ini goreng menggoreng artinya kegiatan manipulasi market ini yang diatur oleh undang-undang tidak boleh dikerjakan," kata Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa Samsul Hidayat saat berbincang dengan Okezone di Jakarta.

Terkait hal tersebut, BEI memiliki direktorat pengawasan transaksi untuk memantau kegiatan perdagangan.

"Tidak boleh sekelompok orang melakukan kegiatan bersama untuk menaikkan dan menurunkan harga. Tidak boleh saya sebagai sales tahu nih dia mau beli berapa terus saya beli dulu kemudian barang saya diambil karena saya mau jual dengan harga tertentu," tambah dia.

Kegiatan manipulasi juga mencakup pengambilan tindakan lebih dahulu oleh pihak yang memiliki informasi sebelum informasi tersebut dipublikasikan.

"Misal saya punya perusahaan komputer mau diakuisisi sama Bill Gates tapi infonya belum keluar. Saya sudah mulai beli saham di market dengan harapan waktu transaksi terjadi, saham sudah naik," jelas dia.

Oleh sebab itu, kecepatan penyampaian informasi menjadi hal yang penting pada bursa. Sebab, hal ini berpengaruh pada harapan investor terhadap transaksi agar insider trading atau memanfaatkan informasi orang dalam untuk keuntungan pribadi tidak terjadi.

"Kalau laporan keuangan telat kan berpengaruh pada transaksi harapan orang yang belum diterbitkan. Harusnya reaksi terjadi setelah laporan sudah officially publish," ujar Samsul.

Ia juga menegaskan bahwa bursa setiap hari melakukan pengawasan atas perkembangan harga yang terjadi di perdagangan saham Indonesia. Harga wajar yang dimaksud adalah berada di real auto rejection.

"Berapa nilai wajar suatu saham? Enggak ada definisinya. Tapi bursa punya definisi kalau harga keluar dari range auto rejection akan ditolak. Itu salah satu cara untuk mengantisipasi manipulasi," jelasnya
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links