View Single Post
Old 23rd April 2015, 12:02 AM   #1
Wk. RT
 
Join Date: 19 Apr 2015
Userid: 3684
Posts: 62
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Talking Batu Akik Asal Baturaja Untuk Peserta KAA

Batu Akik Asal Baturaja

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil memilih batu akik jenis Calcedony biru atau yang dikenal dengan nama 'Spiritus Baturaja' sebagai cenderamata untuk 109 kepala negara dalam puncak peringatan ke-60 Konferensi Asia-Afrika (KAA) di Bandung, Jawa Barat. Batu akik Spiritus Baturaja itu berasal dari Kota Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

"Batu akiknya warna biru, dari Baturaja," ujar Ridwan Kamil kepada wartawan di mal Paris van Java, Kota Bandung, Jawa BaratBatu Marjan sangat signifikan terutama antara Batu Jahanam Mediterrania dengan India dimana harganya sangat mahal karena Batu badar emas dipercayai mempunyai kekuatan batu mustika. Orang Yunani mengimpor Batu Alam dari India untuk digunakan batu bulu macan sebagai pajangan batu blue safir atau sebagai perhiasan pada pedang dan perisai mereka model cincin kawin. Karena permintaan yang sangat besar itu, Batu Marjan sempat menjadi sangat langka dan harganya Batu cincin Tunangan melebihi berlian sekalipun. Pada masa Batu Nilam, dahan dari karang merah digunakan sebagai kalung bagi anak-anak untuk menghindarkan mereka dari batu lapis lazuli.



Kang Emil, demikian ia biasa disapa, mengaku telah memastikan stok batu akik itu cukup untuk diberikan ke masing-masing kepala negara peserta KAA. Namun, Kang Emil masih memikirkan desain cincin yang akan mengikat batu akik itu. Ia memastikan, untuk membuat cincin batu akik itu menggunakan jasa warga Bandung.

"Desain batangnya (cincin) kami masih memikirkan, jadi sekarang belum ada. Pengrajin kami cari orang Bandung," kata Emil.

Selain batu akik, kepala negara peserta KAA yang akan hadir di Bandung pada 24 April 2015 nanti juga akan diberikan cenderamata khas Sunda. Di antaranya Iket kepala dan batik khas Sunda.





Sumber : Batu Akik Baturaja
__________________
Batu Akik | Kode Pos

Last edited by batuakik; 20th August 2015 at 12:52 AM..
batuakik is offline   Reply With Quote
Sponsored Links