View Single Post
Old 23rd April 2015, 09:22 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Batu Akik Bacan Mentah Diburu karena Lebih Murah

Quote:
JAKARTA – Pecinta batu akik tentu sudah mengenal dengan jenis batu bacan. Batu bacan sendiri berasal dari sebuah pulau Bacan, Halmahera Selatan, Maluku Utara.

Batu tersebut terkenal sangat indah karena memiliki kandungan mineral Chrysocolla yang memberikan efek warna biru kehijauan. Keindahannya membuat batu Bacan terkenal hingga mancanegara untuk dijadikan koleksi.

Namun, saat ini banyak pembeli yang berminat membeli bahan batu Bacan. Selain harganya jauh lebih murah, dengan membeli bahan batu dapat menghasilkan lebih banyak untuk membuat cincin.

“Masyarakat cenderung memilih bahan batu karena bisa dibuat lebih banyak cincin, jika membeli cincin Rp10 juta hanya dapat satu, jika membeli bahan batu bisa menghasilkan lebih banyak,” jelas Perajin Ngara Lamo, Susillo kepada Okezone di Jakarta.

Susillo mengaku, banyak pelanggannya yang beralih membeli bahan batu yang akan dijual kembali ke Jakarta. Dirinya mematok bahan untuk batu bacan di kisaran Rp5 juta hingga Rp25 juta.

"Hari ini penjualan batu Bacan mencapai Rp20 juta. Banyak yang lebih memilih membeli bahan batu bacan, mungkin untuk dijadikan batu yang akan di jual di Jakarta nantinya,” ujar dia.

Selain berjualan batu, dalam pameran batu tersebut juga memperkenalkan batu khas daerahnya yaitu batu Almahera Timur. Harga Bacan dan Almahera berbeda-beda bergantung dari kualitas batunya, untuk harga kisaran harga Rp1,5 juta sampai Rp10 juta.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links