View Single Post
Old 24th April 2015, 09:47 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Empat Fakta BBM Pertalite, Produk Baru Pertamina

Quote:
JAKARTA Kehadiran Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertalite masih menjadi tanda tanya di kalangan konsumen. Produk baru Pertamina rencananya baru akan diluncurkan Mei 2015. Kendati demikian, terdapat beberapa fakta mengenai BBM Pertalite.

Perusahaan minyak dan gas negara PT Pertamina (Persero) berencana mengeluarkan varian BBM baru untuk mengurangi konsumsi masyarakat terhadap Premium.

Berikut adalah empat fakta erkait Pertalite yang dihimpun Litbang Okezone, Jumat (24/5/2015).

1. Pertalite Menggeser Eksistensi Premium


Pertalite akan baru bisa beredar di SPBU pusat kota setelah mendapat restu dari Pemerintah, dalam hal ini Kementerian ESDM. Nantinya, Premium hanya akan dijual di SPBU jalur angkutan umum dan pinggiran kota. Sedangkan SPBU di Jakarta, Surabaya, Semarang, dan kota besar lainnya di Jawa sudah tidak lagi menyediakan premium.

Pemerintah menargetkan penghapusan Premium dalam dua tahun atau sampai 2017. Periode itu dianggap cukup bagi Pertamina sebagai persiapan menghadapi kompetisi dengan perusahaan lain.

2. Pertalite memiliki kualitas RON 90-91.

Dengan kualitas di bawah Pertamax, kemungkinan memiliki RON di bawah 92 namun tidak lebih rendah dari 88. BUMN energi ini meluncurkan pertalite untuk memenuhi Surat Keputusan Dirjen Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 313 Tahun 2013 tentang spesifikasi BBM RON 90. Saat ini BBM dengan kadar RON 90 belum ada.

Selanjutnya, dari sisi teknologi, sebenarnya kendaraan roda empat di Indonesia rata-rata bisa mengonsumsi BBM RON 90-92, mulai dari Avanza sampai Honda Brio, kecuali Suzuki Katana. Pertalite akan dikonsentrasikan di wilayah Jakarta. Hiswana Migas sebagai penyalur pun menyatakan, sudah siap dengan produk baru ini.

3. Harga Pertalite di antara Premium dan Pertamax.

Saat ini harga premium Rp7.400 sedangkan harga pertamax Rp8.600, artinya ada selisih Rp1.200 yang memisahkan keduanya. Bagi yang sadar akan pentingnya menggunakan bahan bakar bagus demi keawetan mesin, pertamax jelas akan menjadi pilihan. Andaikan pertalite nanti dibanderol Rp8.000 sampai dengan Rp8.200 misalnya marjin dengan pertamax sangat tipis.

4. Diklaim bikin mesin lebih enteng ketimbang pakai Premium.

Bicara soal kualitas, Pertamina mengklaim pertalite memiliki researh octane number (RON) 90, itu artinya lebih baik ketimbang premium yang memiliki nilai oktan 88. Lantas bagaimana jika motor harian yang biasa menggunakan premium beralih ke BBM Pertalite?

Secara teknis tidak ada masalah di mesin bahkan jika menggunakan Petralite mesih akan lebih bagus. "Pasti motor tarikannya lebih enteng, itu bisa kita rasakan. Kalau pakai premium justru malah motor itu agak berat dan temperatur cepat panas karena oktannya rendah," ujar Andri Irwan punggawa bengkel modifikasi Chemonk Modified, kepada Okezone.

Andri menjelaskan, seandainya Premium ditiadakan tidak ada masalah kecuali memang motor yang kompresinya sudah rendah atau benar-benar sudah sangat kendor, kalau pakai BBM lain seperti pertalite atau petramax mesinnya makin berebet.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links