View Single Post
Old 24th April 2015, 10:02 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Batu Akik Kini Miliki Lembaga Sertifikasi

Quote:
JAKARTA – Penggemar batu akik kini tidak perlu khawatir batu miliknya asli atau palsu. Saat ini, ada suatu lembaga yang dapat menguji keaslian batu akik yakni Lembaga Pengembangan dan Sertifikasi Batu Mulia (LPSB).

LPSB adalah lembaga sertifikasi untuk menguji dan menilai apakah batu mulia tersebut asli natural atau hanya sintentik hasil olahan laboratorium dan unsur kimia yang menyerupai batu natural aslinya.

Kepala Gemologist LPSB Muhammad Faizal Rahman mengatakan, Pemda Martapura, Papua sudah memiliki laboratorium khusus batu akik pertama yang ada di Indonesia.

“Dengan adanya lab khusus ini, menjadikan masyarakat dan para pengusaha untuk lebih percaya diri dengan batu yang dimilikinya, sehingga tidak muncul keraguan dalam melihat batu masakan atau asli,” katanya kepada Okezone.

Faizal menambahkan, keuntungan melakukan sertifikasi adalah mengetahui dengan pasti jenis batu dan kualitas batu. Selain itu, jika pemilik batu melakukan sertifikasi, maka bisa dijadikan sebagai investasi.

"Kita bisa mengetahui batu itu natural atau tidak, dengan memperoleh hal tersebut, pemilik batu mulia, bisa mensertifikasi batunya dan bisa dijadikan investasi ke depannya," tuturnya.

Faizal bercerita soal pengalamannya ketika ada penjual batu jamrud yang mematok harga batunya Rp300 juta, setelah dilakukan uji sertifikasi, ternyata batunya tidak natural atau sintetik.

“Ketika tahu bukan natural, dia langsung menyuap saya Rp100 juta supaya batunya dinyatakan natural,” jelasnya.

Menurutnya, posisi sebagai pemberi sertifikasi terkadang sangat membingungkan, namun tugasnya adalah menjaga keaslian batu tersebut. Batu mulia merupakan batu yang diciptakan oleh alam yang diciptakan oleh Tuhan, oleh karena itu kita harus menjaga dan melestarikannya.

“Batu mulia adalah ciptaan Tuhan yang berharga, ketika kita memakai batu mulia, berarti kita melestarikan dan memuliakan ciptaan Tuhan.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links