View Single Post
Old 26th April 2015, 11:53 AM   #1
Wk. RT
 
Join Date: 19 Apr 2015
Userid: 3684
Posts: 62
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Talking Batu Mulia Akik Kalimaya



Dari Aceh sampai Papua, demam batu akik melanda Indonesia. Demam batu akik juga sangat terasa di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Di Mataram, Lombok, NTB, banyak kios batu akik bertebaran. Salah satunya adalah Lombok Gemstone. detikcom berkesempatan mengunjungi toko gemstone yang cukup lengkap tersebut pada Senin (9/2/2015) lalu.
Batu Marjan sangat signifikan terutama antara Batu Jahanam Mediterrania dengan India dimana harganya sangat mahal karena Batu badar emas dipercayai mempunyai kekuatan batu mustika. Orang Yunani mengimpor Batu Alam dari India untuk digunakan batu bulu macan sebagai pajangan batu blue safir atau sebagai perhiasan pada pedang dan perisai mereka model cincin kawin. Karena permintaan yang sangat besar itu, Batu Marjan sempat menjadi sangat langka dan harganya Batu cincin Tunangan melebihi berlian sekalipun. Pada masa Batu Nilam, dahan dari karang merah digunakan sebagai kalung bagi anak-anak untuk menghindarkan mereka dari batu lapis lazuli.


Batu-batu alam berbagai warna dijual di kios tak jauh dari Hotel Lombok Jaya, Mataram, tersebut. Harganya pun bervariasi, dari Rp 200 ribu sampai jutaan rupiah. Bebagai batu alam warna-warni dijual di toko tersebut. Ada akik berwarna madu, biru-kuning-hijau jernih, hitam pekat, hijau pekat dan lainnya. Keindahan batu dan ring-nya mempengaruhi harga batu yang indah tersebut.

Di Lombok memang tak banyak batu akik dengan tekstur dan corak warna-warni. Yang istimewa di Lombok adalah mutiara yang digunakan sebagai pengganti batu akik di cincin. Warna-warni mutiara keemasan, kuning, silver, hital, cokelat, putih, yang berkilau memang membuat cincin terlihat lebih keren. Untuk cincin bermata mutiara dijual mulai Rp 200 ribu rupiah sesuai dengan ukuran dan grade mutiara sebagai matanya.

Namun bagi penggemar batu alam tentu kurang sreg memasangkan mutiara di cincinya, terutama untuk bapak-bapak lebih cocok mengenakan cincin bermata batu mulia ketimbang mutiara. Ada sebuah batu akik yang indah, berwarna putih bening dengan sinar warna-warni jika disorot dengan lampu. Batu itu dikenal dengan nama Kalimaya lombok. Dilihat dari berbagai sudut memendarkan warna-warni berbeda-beda namun warna dominannya adalah ungu kemerahan.

Karena tak cocok harganya, detikcom pun melanjutkan pencarian batu akik khas lombok tersebut ke pedagang kaki lima yang menjamur di sekitar Mataram Mall, di pusat Kota Mataram. Sebuah lapak milik Ahmadi, menjual batu Kalimaya Lombok nan indah hanya Rp 100 ribu, batu akik berwarna pelangi sudah dikantongi, detikcom pun melihat-lihat dagangan Pak Ahmadi lainnya.

Meski hanya pedagang kaki lima namun dagangannya tak kalah lengkap. Selain menjual berbagai jenis dan warna batu akik, dia juga menjual mutiara, kalung mutiara, gelang mutiara, sampai cincin mutiara. Harga perhiasan dengan mutiara tergantung kepada jenis mutiara, tekstur, dan ukuran bobotnya. Mutiara dijual per gram mulai Rp 100 ribu, semakin tinggi gradenya semakin mahal harganya. Mutiara air laut dengan grade AAA bisa dijual di atas Rp 200 ribu per gramnya.

Sementara itu di kanan kiri juga banyak pedagang kali lima berjualan. Mereka menyertakan sejumlah oleh-oleh khas Lombok di barang dagangan mereka, seperti madu putih asli Lombok, susu kuda liar, dan lain-lain.

Sumber : Batu Akik Kalimaya
__________________
Batu Akik | Kode Pos

Last edited by batuakik; 20th August 2015 at 12:50 AM..
batuakik is offline   Reply With Quote
Sponsored Links