View Single Post
Old 27th April 2015, 08:55 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Bulog Papua Minta Pemprov Beli Kapal Khusus Angkut Beras

Quote:
JAYAPURA - Distribusi beras ke sejumlah daerah di Papua kerap terhambat. Bulog Divisi Regional (Divre) Papua dan Papua Barat berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua dapat membeli kapal yang dikhususkan untuk mengangkut beras hasil produksi petani di Kabupaten Merauke.

"Kalau bisa Pemprov Papua beli kapal kargo yang jalurnya khusus melayani Papua saja, dari kawasan selatan ke utara," ujar Kepala Divre Bulog Papua dan Papua Barat Arif Mandu, di Jayapura, Minggu (26/4/2015).

Ia mengatakan, besarnya hasil produksi beras di Kabupaten Merauke yang sebenarnya mampu memenuhi kebutuhan beras di beberapa kabupaten lainnya, terhambat pada masalah transportasi.

"Memang transportasi menjadi kendala utama, kalau kita mau kirim beras Merauke ke utara, Kota Jayapura itu kan melingkar dan selama ini tidak ada jalur kapal itu. Jadi pernah kita melakukan pengiriman ke Fak-Fak, Sorong, Manokwari sampai ke Biak pada 2014, itu ada 40 ribu ton kita geser dari Merauke, jadi kapal dari Merauke itu ke Surabaya dulu, baru dari Surabaya ke arah utara Papua," tuturnya.

Solusi lain untuk memenuhi kebutuhan beras di seluruh wilayah Papua, khususnya di bagian utara, ucap Mandu, adalah dengan membagi wilayah produksi ke beberapa kabupaten di kawasan tersebut.

Hanya saja, hingga kini luasan lahan yang digarap masih kecil dan belum mampu menutupi besaran kebutuhan yang ada.

"Nabire juga ada, tapi pengadaan kita di Nabire masih kecil, seperti di 2014 kita cuma dapat 250 ton, tertinggi kita dapat 500 ton. Di sana luas lahan masih kecil," jelasnya.

Karenanya, ujar Mandu, perlu dilakukan kajian lebih dalam untuk menemukan lokasi potensial untuk memenuhi kebutuhan beras bagi Papua, khususnya di wilayah utara.

"Selain Nabire mungkin ada daerah lain, apakah Sarmi atau Membramo Raya, ini memang perlu survei dan penelitian lebih lanjut. Ini supaya ada dua sentra produksi yang angkanya cukup signifikan mengingat luas Papua yang begitu besar dan hal ini bisa mengatasi masalah transportasi yang selama ini menghambat," ujarnya.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links