View Single Post
Old 27th April 2015, 11:19 AM   #1
Sek Des
 
Join Date: 23 Aug 2014
Userid: 2443
Posts: 597
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Tips Untuk Mengurangi Nafsu Makan

Tips Untuk Mengurangi Nafsu Makan



Tips Untuk Mengurangi Nafsu Makan
Berusaha menjaga berat anda tetap stabil, tapi nafsu makan anda berlebihan tentunya akan sangat mengganggu program diet yang sedang anda jalankan. Nafsu makan berlebihan ini salah satu masalah untuk kesehatan kita. Disamping kenaikan berat badan, hal tersebut juga beresiko menaikan kolesterol dan sangat tidak baik bagi kesehatan. Nafsu makan berlebihan menjadi musuh bagi seseorang yang sedang diet, Sebenarnya nafsu makan berlebihan bisa di cegah dan dikurangi dengan berbagai cara yang sangat mudah dilakukan dan sangat efektif untuk mengurangi nafsu makan anda.

Berikut Ini Tips Untuk Mengurangi Nafsu Makan :

  • Minum air mineral Sebelum makan, minum 2 gelas air mineral, minimal 10 menit sebelumnya. Asal kalian tau air mineral ini akan membuat perut anda terasa lebih penuh dan membuat nafsu makanmu berkurang.
  • Jangan telat makan Anda tentu pernah mengalami masa lapar yang amat, dan ketika anda makan pasti porsinya dalam jumlah besar dengan tujuan supaya perut anda kenyang. Jelas sekali bahwa telat makan bisa membuat nafsu makan anda tak teratur.
  • Makan sayur dan buah-buahan segar Anda bisa mengkonsumsi sayur dan buah yang mengandung banyak air serta serat sebelum makan. Kandungan air dalam buah akan memberikan efek kenyang sebelum anda menghabiskan porsi makan. Disamping itu tentunya sayur dan buah mengandung vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan.
  • Atur porsi makan Mengatur porsi makan sangatlah penting, bila anda setiap harinya selalu makan dalam porsi banyak maka sekarang kurangi porsi makan tersebut.
  • Tidur sejenak Pada waktu siang hari biasanya adalah waktu dimana nafsu makan mulai meningkat dan ini makan ini itu. Hal ini sering diakibatkan karena tubuh kelelahan dan membutuhkan istirahat.
  • Jangan lupa sarapan Hal utama yang perlu di lakukan saat diet adalah jangan melupakan sarapan. Pastikan anda mengkonsumsi menu tinggi protein untuk mengawali hari anda.
  • Meningkatkan asupan makanan berserat Apabila anda ingin menurunkan berat badan dengan cara yang benar, maka konsumsilah banyak makanan berserat. Kurangi karbohidrat dan makanan lemak yang membuat anda cepat lapar.
  • Makan perlahan Jangan terburu-buru dalam mengunyah makanan, dan konsentrasi saja mengunyah setidaknya 32kali. Makan terburu-buru atau sambil melakukan ini itu akan membuat anda cepat lapar dan tidak sadar telah memasukan banyak makanan ke dalam tubuh.
  • Selalu sibukkan diri Jangan biarkan diri anda hanya bersantai-santai sambil bengong dan menonton televisi saja seharian. Pastikan anda sibuk melakukan ini itu sehingga anda tidak selalu larut dalam kelaparan dan malah mencari cemilan.
  • Nyalakan lampu Ketika anda memasuki ruangan dapur dimalam hari, coba nyalakan semua lampu yang ada. Kalau bisa nyalakan lampu yang paling terang. Berdasarkan penelitian dari irvine, seorang peneliti dari University of California mengatakan bahwa akan merasa berada dalam sorotan kalau diterangi banyak lampu, perasaan berada dalam sorotan ini mebuat anda punya kesadaran untuk tidak akan sembarangan melakukan perbuatan yang tidak perlu terutama makan makanan yang mengandung kolesterol.
  • Jenis makanan Ketika kita memiliki waktu makan yang tidak banyak, pilihlah makanan yang memiliki tingkat kekenyangan tinggi. Usahakan tidak memilih makanan yang banyak mengandung lemak, Meski rasanya enak dan membuat anda kenyang, makanan berlemak tidak memiliki potensi mengenyangkan.
  • Konsumsi makanan yang mengandung lemak baik Lemak yang baik bisa anda temukan dalam beberapa makanan seperti buah alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun murni dll. Para ahli mengatakan bahwa asam oleic atau lemak baik bisa memicu usus halus memproduksi oleoylethanolamide yakni zat yang bisa memberikan pesan ke otak bhwa perut sudah kenyang.
  • Makanan penekan nafsu makan Tahukah anda bahwa sebenarnya ada beberapa makanan yang dapat menekan nafsu makan yaitu buah pisang, apel, alpukat, oeatmeal, kopi, salad, air putih, dan masih banyak lagi.
astianisa is offline   Reply With Quote
Sponsored Links