View Single Post
Old 28th April 2015, 12:25 AM   #1
KaDes Forumku
 
Join Date: 20 Nov 2014
Userid: 2900
Posts: 1,236
Likes: 0
Liked 1 Time in 1 Post
Default Wisata Olahraga di Tengah Gunung Gede-Pangrango

Quote:

Atlet Ultra-Trail, Hendra Wijaya (kiri) bersama Direktur lomba Gede Pangrango Marathon (GPM), Lexi Rohi (tengah), saat melakukan jumpa pers di Jakarta, Senin (27/4/2015).
JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia dikenal dengan daya tarik alam yang memukau. Tak jarang, selain obyek pariwisata, hamparan gunung bertebing curam pun kerap dijadikan ladang wisata olahraga bagi pecinta lari lintas alam. Dua hal itulah yang menjadi tujuan utama digelarnya lomba lari jarak jauh bertajuk Gede Pangrango Maraton (GPM) pada 2 Mei 2015.

GMP adalah trail marathon berstandar internasional dengan lintasan yang cukup sulit dengan tingkat pencapaian elevasi (elevation gain) tertinggi dan medan yang curam. Perlombaan yang diselenggarakan oleh F-One Sport itu, rencananya bakal dimulai dengan start di Kebon Raya Cibodas, Jawa Barat.

"Perlombaan ini bagus sekali mengingat Indonesia memiliki lintasan dengan pemandangan alam yang indah sekaligus menantang untuk lomba trail," ujar Hendra Setiawan, atlet ultra-trail sekaligus pendiri F-One Sports, saat melakukan jumpa pers di Jakarta, Senin (27/4/2015).

Hendra menuturkan, selain mempromosikan lari jarak jauh dengan standar internasional, GPM juga diharapkan bisa memberikan kesempatan kepada peserta untuk mendapatkan pengalaman lari trail sembari menikmati keindahan alam. Ia pun berharap dari lomba tersebut bibit-bibit pelari trail potensial bisa muncul.

"Selain mendukung pengembangan lari trail, lomba ini juga menjadi kesempatan yang istimewa untuk memperlihatkan potensi pariwisata dan keindahaan Kebun Raya Cibodas dan Gunung Gede Pangrango," tutur Hendra.

Direktur lomba GMP, Lexi Rohi, menjelaskan, lomba lari nantinya bakal dibagi dalam tiga kategori, yakni 42km (full marathon) dengan tuntutan waktu penyelesaian lomba selama 16 jam, 21 km (7 jam), dan 15 km (4,5 jam). Rute lomba tersebut akan melintasi wilayah Kandang Badak, Suryakencana, Selabintana, Suryakencana, Mandalawangi, sebelum kembali ke Cibodas.

Setiap finisher full marathon, lanjut Lexi, akan mendapatkan poin kualifikasi Ultra-Trail du Mont-Blanc (UMTB). UMTB merupakan lomba lari yang diselenggarakan tiap tahun dengan lintasan tunggal di pegunungan Alpin, melintasi Perancis, Italia, dan Swiss.

Lexi mengungkapkan, saat ini sudah terdapat 580 peserta yang siap mengikuti lomba GPM. Dari total jumlah tersebut, 50 diantaranya merupakan warga negara asing dari sembilan negara.

"Hal ini membuktikan antusiasme, tidak hanya dari warga indonesia, tetapi juga luar negeri. Kita harapkan GPM perdana ini dapat menjadi standar penyelenggaraan lomba trail di Indonesia ke depannya," ujar Lexi.
sumber http://olahraga.kompas.com/read/2015...Gede-Pangrango
agung209 is offline   Reply With Quote
Sponsored Links