View Single Post
Old 28th April 2015, 08:23 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default 43 Ribu Desa di Indonesia Masih Tertinggal

Quote:
JAKARTA - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar mengungkapkan, sebanyak 52 persen daerah masuk kategori desa tertinggal. Persentase tersebut mengartikan bahwa sebanyak 38 ribu desa masih masuk kategori tertinggal dari total 74 ribu seluruh desa yang ada di Indonesia.

"Estimasi saya malah mengatakan bahwa 43 ribu desa masih tertinggal di Indonesia," ucapnya dalam acara Rembug Nasional di Gedung Bappenas, Jakarta, Senin (27/4/2015).

Dia menjelaskan, desa tertinggal tersebut berasal dari beberapa wilayah, seperti Papua, Sulawesi, Kalimantan dan Maluku. Namun, untuk wilayah Sumatera, Marwan mengatakan tidak terlalu banyak jumlahnya.

Selain desa tertinggal, terdapat pula desa yang sangat tertinggal. Desa tersebut kondisinya sangat dan lebih memprihatinkan.

"Ada 17 ribu hingga 17,6 ribu. Kondisi infrastrukturnya betul-betul masih sangat memprihatinkan. Sumber dayanya juga memprihatinkan, bahkan untuk menyediakan bahan pokok untuk makan sehari-hari juga masih sangat menyedihkan," jelas dia.

Selain itu, dia juga mengatakan, sebanyak 1.200 desa di wilayah perbatasan masih masuk kategori sangat tertinggal, 15 ribu desa terutama di daerah-daerah Jawa masih belum teraliri listrik, 117 kecamatan belum mempunyai puskesmas, dan 11 ribuan desa belum mempunyai Sekolah Dasar (SD).

"Contohnya enggak usah jauh-jauh, di Garut, Cianjur saja masih banyak desa yang belum teraliri listrik. Ini PR kita untuk komit bersama-sama, kita semua punya kewajiban untuk memajukan Indonesia. Saya sedang review kembali bahwa untuk daerah tertinggal, kategori prasyarat apa saja itu yang disebut kabupaten atau daerah tertinggal, supaya tidak normatif seperti tahun-tahun lalu," pungkasnya
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links