View Single Post
Old 28th April 2015, 08:40 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Mengenal Bunga KPR Mengambang vs Tetap, Apa Bedanya?

Quote:
JAKARTA - Secara umum, terdapat dua jenis perhitungan suku bunga, yaitu bunga tetap (fixed) dan bunga mengambang (floating). Kedua jenis perhitungan suku bunga ini kerap digunakan untuk kredit kendaraan motor, mobil hingga rumah. Apa perbedaannya?

Menurut Direktur Bank Mandiri Hery Gunadi, untuk bunga tetap (fixed) berarti pembayaran bunga tetap selama jangka waktu tertentu. Sedangkan kalau floating berarti pembayaran bunga selalu berubah dari waktu ke waktu, tergentung bunga pasar.

"Terdapat dua metode dalam perhitungan suku bunga, baik itu efektif dan flat. Dalam metode flat, perhitungan bunga selalu menghasilkan nilai bunga yang sama setiap bulannya, karena bunga dihitung dari persentasi bunga dikalikan pokok pinjaman awal," jelas dia kepada Okezone, Selasa (28/4/2015).

Sementara untuk metode flat, lanjut Hery, perhitungan bunga selalu menghasilkan nilai bunga yang sama setiap bulannya. Ini karena bunga tersebut dihitung dari presentasi bunga yang dikalikan pokok pinjaman awal.

"Metode efektif ini biasa juga disebut dengan metode anuitas. Di mana menghitung bunga yang harus dibayar setiap bulannya harus sesuai dengan saldo pokok pinjaman bulan sebelumnya," tutup dia.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links