View Single Post
Old 30th April 2015, 09:31 AM   #1
Wakil Camat
 
Join Date: 31 Oct 2014
Userid: 2758
Location: SmovieX.com | Tempat nonton dan download Film | Sering-sering berkunjung yah!
Posts: 3,641
Likes: 41
Liked 5 Times in 5 Posts
Default Agar Tidak Terjebak Bunga Bank, Perhatikan Ini

Quote:
JAKARTA - Sebelum Anda mengajukan pinjaman ke bank, pahamilah bagaimana suku bunga kredit Anda ditentukan. Pasalnya, tiap bank memiliki metode perhitungan bunga yang berbeda sehingga biaya bunga menjadi berbeda.

Seperti dilansir dari laman Bank Indonesia (BI), Kamis (30/4/2015) ada sejumlah hal yang patut diketahui terkait bunga kredit sebelum mengajukan pinjaman ke bank.

- Dalam menetapkan suku bunga kredit, banyak bank menggunakan metode flat, sehingga suku bunga terkesan lebih rendah. Untuk itu, Anda perlu menanyakan ke bank berapa sebenarnya suku bunga efektif yang diterapkan sebelum memutuskan untuk mengajukan kredit.

- Jika Anda sedang membandingkan suku bunga antarbank, pastikan bahwa Anda mengetahui metode perhitungan bunga yang diterapkan oleh bank.

- Untuk menghitung saldo pokok pinjaman, bank biasanya menggunakan metode efektif. Jadi, pada saat mengajukan kredit, Anda perlu menanyakan apakah akan ada penyesuaian terhadap perbedaan saldo pinjaman yang menggunakan bunga efektif dengan yang menggunakan bunga flat jika Anda ingin melakukan pelunasan pinjaman lebih dini sebelum jangka waktu pinjaman berakhir.

- Mintalah jadwal dan komposisi perhitungan bunga dan angsuran pokok pinjaman lebih dini sebelum jangka waktu pinjaman berakhir.

- Pastikan bahwa Anda mengetahui sifat suku bunga yang dikenakan bank, floating (mengambang) atau fixed (tetap). Jika suku bunga bersifat mengambang, maka apabila terjadi kenaikan suku bunga, biaya bunga dan angsuran pokok pinjaman akan ikut naik dan sebaliknya jika suku bunga turun.
SUMBER : Okezone.com
sucyresky is offline   Reply With Quote
Sponsored Links