View Single Post
Old 30th April 2015, 12:24 PM   #1
Sek Des
 
Join Date: 26 Aug 2014
Userid: 2460
Posts: 281
Likes: 0
Liked 0 Times in 0 Posts
Post pertolongan pertama kejang pada penyandang epilepsi

  1. Pindahkanlah barang-barang berbahaya yang berada di dekat penderita. Hal ini bertujuan agar selama penyandang epilepsi tidak sadarkan diri ia tak melukai dirinya sendiri.
  2. Jangan menahan hentakan gerakan penyandang epilepsi bila bangkitan kejang sedang muncul. Tujuannya, agar otot seluruhtubuh tidak mengalami cedera atau rasa nyeri saat penyandang epilepsi sadar nanti. Anda cukup memindahkan penderita ke tempat yang lebih aman.
  3. Jangan memasukan makanan dan minuman apa pun ke dalam mulut penyandang epilepsi bila bangkitan kejangnya sedang kambuh, termasuk obat-obatan, jangan pula mencoba menyadarkan penderita secara paksa.
  4. Bantulah untuk memiringkan kepala penyandang epilepsi bila bangkitan kejangnya muncul. Sebab hal itu akan membantu pernapasannya dibandingkan terlentang dimana lida bisa menutupi sikrulasi masuknya oksigen. Ini tentu akan membahayakan dirinya.
  5. Tetap tenang dan tetap di samping penderita sampai kesadarannya kembali. Umumnya, proses kejang-kejang itu tidak akan lebih dari 5 menit. Jadi apabila kejang-kejang penyandang epilepsi tidak juga mereda selama 5 menit, dianjurkan untuk memanggil ambulan supaya mendapatkan penanganan yang lebih intens dan efektif. Tidak hanya itu, apabila kambuhan kejang itu muncul tanpa penyandang epilepsi sempat sadar, segera untuk memanggil ambulan. Pasalnya, kondisi yang menimpa penyandang epilepsi sudah sangat berbahaya.
Itulah penanganan kejang terhadap penderita epilepsi. Semoga sajian artikel kami bermanfaat dan menjadikan referensi untuk anda. Terimakasih
ayuanggraeni is offline   Reply With Quote
Sponsored Links